Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Madya dari  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia terkait upaya pengarusutamaan gender (PUG) di wilayah itu.

Dalam penyerahan penghargaan APE tahun 2020 yang dilakukan  secara virtual di Pendopo Bupati Serang pada Rabu (13/10/ 2021) itu, Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit mengatakan, diraihnya penghargaan tersebut menunjukan bahwa di Kabupaten Serang dalam mengimplementasi strategi pembangunan pengarusutamaan gender (PUG) mulai terbangun. 

“Untuk tahun ini Alhamdulillah untuk tingkat OPD di Kabupaten sudah melaksanakan semua yang namanya dokumen yang berkitan dengan ARG atau Anggaran Responsif Gender, dan PPRG atau Program Penganggaran Responsif Gender,” ujar Tarkul.

Turut hadir mewakili Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Nanang Supriatna, Inspektur Kabupaten Serang, Rahmat Jaya, dan perwakilan dari OPD terkait.

Diketahui, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta pemenuhan kebutuhan anak.

Lebih lanjut Tarkul menjelaskan,   tahun 2021, pihaknya mendorong dengan merambah organisasi perangkat daerah (OPD) tingkat kecamatan untuk menyusun strategi anggaran yang responsif gender dalam bentuk dokumen. Kemudian, setelah tingkat kecamatan melakukan sosialisasi dan memiliki dokumen yang responsif gender, pihaknya pun melanjutkan merambah sampai ke tingkat desa.

“Sehingga diharapkan kalau semua OPD, kemudian penyelenggara pemerintahan baik dari kabupaten, kecamatan dan desa melaksanakan itu, menunjukan bahwa kita sudah komitmen melaksanakan strategi pembangunan yang pengurasataman gender di Kabupaten Serang,” katanya.

Tarkul menargetkan, pada tahun mendatang Pemkab Serang ada peningkatan dalam raihan penghargaan APE 2021 dari Kategori Madya menjadi Kategori Utama. Dalam urutannya meliputi, APE Kategori Pratama, Madya, Utama dan Mentor. 

“Tentunya harus ada perjuangan ekstra, tentunya juga support dari pimpinan baik Ibu Bupati, Pak Wakil Bupati, Sekda dan semua stakeholder,” tandas Tarkul.

Untuk peningkatan meraih penghargaan APE, tambah Tarkul, perlu adanya program prioritas dalam penyelenggaraannya, dia mencontohkan pada satu OPD melakukan penganggaran yang responsif gender dalam bentuk dokumen.

“Kita jangan jauh-jauh seperti di kecamatan atau di desa sering melaksanakan musyarawarah, dalam musyawarah itu adalah keterlibatan jenis kelamin perempuan harus seimbang. Kemudian contoh ketika rapat, kita menulis daftar hadir ketika dalam musyawarah ada responsif gender itu salah satu unsurnya,” jelasnya.

“Disisi lain juga pemberdayaan ekonomi ada kesamaan gender. Jadi intinya, antara perempuan dan laki-laki punya peran yang sama dalam proses pembangunan, dalam pelaksanaan dan evaluasi pembangunan,” papar Tarkul.







 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021