Serang (AntaraBanten) - Ribuan buruh di Banten menggelar sejumlah kegiatan dan bakti sosial dalam rangka peringatan hari buruh se-dunia atau may day di alun-alun Barat Kota Serang, Rabu.

Ribuan buruh dari Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Tangerang tersebut mengawali kegiatannya dengan melakukan senam bersama Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan unsur forum kordinasi pimpinan daerah Provinsi Banten.

Para buruh juga melakukan kegiatan bhakti sosial berupa sunatan masal, donor darah, penanaman pohon dan pengobatan gratis. Selain itu para buruh juga memberikan beasiswa bagi 46 orang anak yatim dari kalangan buruh.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menyampaikan terimakasih dan apresiasinya bagi kalangan buruh di Banten yang telah memperingati hari buruh dengan kegiatan yang positif.

"Melalui peringatan  'May Day' dengan kegiatan positif ini, kita sama-sama telah menjaga situasi yang kondusif di Banten. Kami berharap situasi seperti ini terus terbangun agar iklim investasi di Banten lebih baik lagi," kata Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Ia mengatakan, para buruh boleh-boleh saja menyampaikan aspirasinya dalam peringatan 'may day' tersebut dengan berunjukrasa, tetapi dilakukan dengan cara-cara yang santun dan tidak melakukan tindakan-yang bisa menganggu dan merugikan masyarakat umum.

Namun demikian, kata dia, daripada melakukan unjuk rasa lebih baik peringatan 'may day' dilakukan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti bhakti sosial.

Dalam peringatan 'May Day' tersebut, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Wakil Gubernur Banten Rano Karno dan perwakilan forum kordinasi pimpinan daerah Provinsi Banten bernyanyi serta berjoget bersama para buruh. Untuk menarik minat para buruh, panitia juga menyediakan sejumlah 'dor prize' diantaranya lima unit sepeda motor, 10 unit sepeda gungung dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Wakil Ketua Lembaga Kerjasama Tripartit (LKS Tripartit) dari kalangan buruh Riden Hatam Azis mengatakan, peringatan 'may day' di Banten tersebut melibatkan sekitar 4000 buruh dari sejumlah serikat buruh di Banten SPSI, KSBSI, FSPKEP dan sejumlah organisasi buruh lainnya di Banten.

"Kami berharap kegiatan seperti bisa secara rutin dilakukan. Kami juga mewakili buruh menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Banten atas kerjasama dan perhatiannya terhadap buruh," kata Riden.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013