Guna mencegah penularan rabies dari hewan ke manusia, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan vaksinasi rabies gratis bagi ratusan hewan peliharaan warga Kabupaten Pandeglang.

Tercatat sebanyak 156 hewan penular rabies seperti kucing, anjing maupun jenis monyek diberikan vaksinasi massal yang dilaksanakan di UPT Puskeswan Pandeglang, Selasa (28/09/2021).

Baca juga: Distan Banten dukung program Indonesia bebas rabies 2030

Hadir dalam kegiatan sekaligus memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada setiap 28 September tersebut Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang H. Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Distan Banten Drh. Rina Herviana, serta Tim monitoring dari Balai Veteriner Subang Jawa Barat.

Plh. Sekda Pandeglang H. Taufik Hidayat mengharapkan kesadaran untuk vaksinasi rabies agar terus ditingkatkan, khususnya bagi warga yang memelihara hewan penular rabies.
“Alhamdulillah pada kesempatan vaksinasi rabies ini banyak kami lihat ibu-ibu membawa kucing untuk ikut vaksinasi, semoga kedepan terus meningkat sehingga hewan yang dipelihara dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Dikatakan Taufik, jika memelihara hewan penular rabies harus rajin memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya, agar lebih sehat. “Semoga semakin meningkat lagi kepedulian warga masyarakat terhadap kesehatan hewan peliharaannya,” pungkasnya.
Foto bersama setelah melakukan vaksinasi rabies. (Foto Antara/Istimewa)


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies yang dilaksanakan pada Bulan September adalah puncak kegiatan Hari Rabies Sedunia.

“Setiap 28 September merupakan puncak peringatan hari Rabies sedunia, kami mengadakan vaksinasi massal secara gratis,” katanya.

Diungkapkan Budi, target nasional pada tahun 2030 Indonesia Bebas Rabies. “Alhamdulillah kesadaran masyarakat terus meningkat untuk melakukan vaksinasi hewan penular rabies,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, pelayanan vaksinasi massal dalam rangka Hari Rabies Sedunia tahun ini telah dilaksanakan selama bulan September 2021 yakni setiap Selasa pada tanggal 14, 21 dan puncaknya pada 28 September 2021 hari ini.

“Pada 14 September telah divaksinasi rebies 94 ekor, tanggal 21 September telah divaksinasi 99 ekor, dan pada hari ini 156 ekor,” ungkapnya.

Ditambahkan, selain di Puskeswan Pandeglang kegiatan vaksinasi rabies gratis juga dilakukan di wilayah selatan Pandeglang diantaranya Kecamatan Sumur, Cibaliung, Cimanggu dan Cigeulis.

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan menyatakan, upaya vaksinasi rabies massal dan gratis yang dilaksanakan pada setiap bulan September ini merupakan langkah untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat akan bahaya rabies dalam rangka mendukung Provinsi Banten Bebas Rabies.

“Dengan vaksinasi rabies diharapkan tidak ada kasus rabies pada hewan penular rabies, sehingga pada akhirnya tidak ada kasus rabies pada manusia (masyarakat red),” katanya.

Ade menambahkan, ditengah Pandemi Covid-19 yang masih mewabah, pelayanan vaksinasi rabies massal di Puskeswan Pandeglang menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya kewajiban memakai masker selama di dalam gedung Puskeswan

“Kami juga telah menekankan setiap pemilik hewan peserta vaksinasi rabies yang datang ke Puskeswan wajib datang sesuai jam kedatangan yang telah ditetapkan,” tandasnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021