Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten kembali menurun 12 orang menjadi 168 orang dari sehari sebelumnya sebanyak 180 orang. 
 
"Semua pasien aktif itu kini menjalani isolasi untuk penyembuhan, " kataJuru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak,Selasa.

Baca juga: Warga Kabupaten Lebak diminta waspadai hujan disertai petir malam hari
 
Perkembangan pasien COVID-19 aktif di Kabupaten Lebak terjadi penurunan yang signifikan dari 1.332 orang awal Agustus 2021 lalu, namun kini tersisa sebanyak 168 orang.
 
Penurunan angka pasien corona itu, kata dia, dinilai luar biasa hingga kini Lebak masuk zona kuning dari sebelumnya zona merah. 
 
Kemungkinan besar pekan depan di daerah ini sudah tidak ada lagi pasien COVID-19 aktif yang menjalani isolasi. 
 
"Jika semua pasien itu sembuh maka Lebak kembali masuk zona hijau, " katanya menjelaskan. 
 
Ia menyebutkan, dari 168 pasien corona aktif itu mereka menjalani isolasi ditangani tenaga medis di sejumlah rumah sakit. 
 
Selain itu juga isolasi mandiri di rumah, tetapi mereka dipantau petugas Satgas desa, kelurahan dan puskesmas setempat.
 
Pasien isolasi juga yang disediakan Pemerintah Kabupaten Lebak di Gedung BPPS Dinas Sosial Provinsi Banten di Jalan Siliwangi Rangkasbitung,namun jumlah kecil. 
 
"Kami mengapresiasi pasien corona kini menurun signifikan, " katanya menjelaskan. 
 
Ia mengajak masyarakat harus bersyukur menurunnya kasus COVID-19 dibandingkan pada Juli lalu setiap hari korban meninggal selalu ada akibat corona itu. 
 
Meski kasus COVID-19 aktif menurun, kata dia, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi. 
 
"Saya khawatir jika warga mengabaikan protokol kesehatan nanti kembali masuk zona merah sebaran virus corona meningkat," katanya.
 
Berdasarkan data COVID-19 di Kabupaten Lebak pada Selasa tercatat 8.897 orang, 8 522 orang sembuh, 168 orang isolasi dan 207 orang meninggal. 
 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021