Serang (ANTARABanten) - Badan Perpusataan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten menyalurkan bantuan buku untuk 52 desa/kelurahan di delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten.


Penyerahan bantuan 55 ribu eksemplar buku tersebut secara simbolis disampaikan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten Acid Syamsuri kepada perwakilan pengelola perpustakaan desa/kelurahan di Kantor BPAD Banten di Serang, Kamis.

Bantuan buku tersebut akan disalurkan untuk 52 desa di Banten dengan masing-masing desa menerima sekitar 1.000 eksemplar buku atau 500 judul buku, serta dua perpustakaan Puskesmas di Banten masing-masing menerima 1.500 eksemplar buku.

"Bantuan buku ini bersumber dari APBN. Selain buku, masing-masing desa penerima juga diberi bantuan dua rak buku termasuk dua Puskesmas," kata Acid Syamsuri usai menyerahkan bantuan tersebut.

Ia mengatakan, bantuan tersebut sudah berlangsung sekitar Tahun 2008 yang bersumber dari APBN. Namun demikian, karena di Banten jumlah desa/kelurahan sekitar 1.500 desa dan kelurahan, sehingga masih banyak perpustakaan desa yang belum menerima bantuan tersebut.

"Mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya desa yang belum menerima akan kami usulkan untuk mendapatkan bantuan," katanya.

Selain bantuan buku, kata dia, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada para pengelola perpustakaan desa, masing-masing satu orang pengelola untuk satu desa yang diberikan pelatihan.

Dengan demikian, pengelolaan perpustakaan desa tersebut bisa lebih profesional untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

"Ada 54 pengelola perpustakaan yang diberikan pelatihan," kata Acid.

Pihaknya akan melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali terkait pengelolaan perpustakaan desa tersebut. Sedangkan bagi desa/kelurahan yang belum memiliki perpustakaan, buku tersebut akan dititipkan di lembaga pendidikan atau lembaga sosial yang ada di desa tersebut.

"Tujuan kami buku-buku bacaan tersebut mudah diakses dan dibaca masyarakat setempat. Ini bagian dari upaya pemerintah untuk terus mendorong minat baca masyarakat," kata Acid Syamsuri.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012