Serang (ANTARABanten) - Sebanyak 56 wartwan media cetak dan elektronik di Provinsi Banten berhasil lulus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Banten di Serang, Minggu.


Sebanyak 67 orang wartawan yang mendaftar UKW tersebut, hanya 64 orang yang  datang untuk mengikuti UKW selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu, 24 dan 25 November 2012. Dari 24 wartwan yang menguti UKW tersebut, delapan wartawan dinyatakan gugur atau tidak lulus UKW.

Peserta UKW tersebut terdiri dari 10 orang wartwan peserta UKW jenjang utama, 13 orang UKW jenjang wartawan madya, dan 41 orang jenjang wartawan muda.

"Bagi yang belum berhasil pada UKW tahun ini, masih ada kesempatan pada UKW selanjutnya," kata Ketua PWI Banten, Firdaus.

Menurut dia, sekitar 149 orang wartawan di Banten sudah mengikuti uji kompetensi selama tiga kali penyelenggaraan UKW oleh PWI Banten. Bagi wartawan yang belum mendapatkan kesempatan UKW diharapkan bisa mengikutinya di setiap kesempatan UKW, tidak hanya di Banten tetapi juga bisa ikut di daerah lain.

"UKW ini bukan akhir wartawan yang profesional tetapi awal untuk menjadi wartawan yang profesional dan kompeten," kata Firdaus.

Ia mengatakan, bagi wartwan yang sudah mengikuti UKW jangan merasa puas karena dinyatakan lulus, tetapi harus terus mengasah dan menggali kemampuan untuk menuju wartwan yang profesional.

Sementara itu Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun mengatakan, para wartawan yang sudah dinyatakan kompeten atau sudah sertifikasi harus mampu menjaga nama baik organisasi, profesinya serta kompetensinya. Profesi wartawan yang sudah dinyatakan kompeten, nantinya akan sejajar dengan profesi lainnya yang sudah memiliki sertifikasi dan uji kompetensi dari induk organisasinya masing-masing seperti dokter.

"Uji kompetensi ini adalah suatu upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan sesuai dengan peraturan Dewan Pers Tahun 2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan," kata Hendry CH Bangun saat menutup kegiatan tersebut.

Menurut dia, bagi delapan orang wartawan di Banten yang belum berhasil atau dinyatakan belum kompeten, bisa ikut di lain kesempatan atau UKW di daerah lainnya.

"Dalam waktu dekat sejumlah PWI daerah lainnya akan menyelenggarakan seperti di Manado, Ambon dan Lampung," kata Hendry.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012