Depok, 25/11 (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Depok Nurhasan mengharapkan pembangunan jalan tol Cinere - Jagorawi  (Cijago) dapat dipercepat untuk menggerakan ekonomi Kota Depok.

"Kami dari DPRD berharap pemerintah daerah segera menyelesaikan proses pembebasan tanah untuk pembangunan jalan tol tahap II," kata Nurhasan dari Partai Amanat Nasional (PAN)  usai meresmikan kegiatan bersepeda santai di Tanah Baru Depok, Minggu.

Nurhasan mengatakan pembangunan Cijago tahap 2 sepanjang 6 kilometer seharusnya juga bisa sukses sepertihalnya pembangunan tahap I sepanjang  3,7 kilometer.

Menurut dia, keberhasilan proses pembebasan tanah terletak kepada harga belinya, kalau pemerintah dapat meyakinkan harga yang diberikan merupakan ganti untung pasti akan mendapat dukungan masyarakat.

Dia mengatakan, seharusnya dalam proses negosiasi yang saat ini tengah berjalan untuk proses pembebasan tanah tahap dua pemerintah dapat meyakinkan masyarakat Depok kalau harga yang diberikan merupakan yang terbaik.

Pembangunan tahap dua saat ini baru mencapai 0,5 persen, sehingga membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk mempercepat pembangunan, jelas dia.

Pengerjaan tahap II (6 kilometer) dimulai dengan merelokasi Sungai Kali Baru di tepi Selatan Jalan Raya Bogor, Cimanggis, sejak Mei lalu. Kemudian, dilanjutkan dengan pembuatan terowongan (box tunnel) di bawah Jalan Raya Bogor.

Sampai saat ini, tanah yang sudah dibebaskan baru 46 persen yakni sekitar 24,30 hektar dari 53,01 hektar tanah yang dibutuhkan. Keseluruhan tanah itu adalah milik masyarakat.

Nurhasan mengatakan, keberadaan tol Cijago diharapkan dapat mengurai kemacetan di Depok dan menggerakkan ekonomi setempat.

   
  Sepeda Santai
Terkait kegiatan bersepeda santai, ketua panitia, Edy Yusuf mengatakan,  kegiatan diikuti 600 peserta warga Tanah Baru.

Kegiatan yang disponsori PAN ini ditujukan dalam upaya mewujudkan kegiatan bersepeda di Kota Depok serta ikut memelihara  kesehatan. Selain itu kegiatan sepeda santai ini juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim, jelas dia.
 
 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012