Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banten membuka ratusan sentra vaksinasi mulai dari Kelurahan, Rumah Sakit, Sekolah hingga pusat keramaian dalam mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok.

Plt Kepala Dinkes, dr Dini Anggraeni dalam keterangannya Senin di Tangerang mengatakan dalam sepakan ini capaian vaksinasi mencapai 20.000 dosis per harinya. Bahkan pada tanggal 5 Agustus 2021 lalu mencapai 25.018 dosis.

Baca juga: Pemkot Tangerang, MUI dan Baznas luncurkan program "Kita Jaga Kyai"

"Tertinggi pada pekan lalu mencapai 25.018 dosis untuk dosis pertama maupun kedua. Ini kita lakukan secara gabungan, antara Pemkot, TNI, Polri serta perbantuan RS dan pegawai OPD,” katanya.

Ia mengatakan capaian vaksinasi di Kota Tangerang setiap harinya terus bertambah seiring kini juga dilaksanakan penyuntikan bagi tenaga kesehatan. Berdasarkan data, untuk warga yang sudah disuntik dosis lengkap mencapai 349.972 orang.

Sedangkan yang baru sekali suntikan tercatat ada 671.356 orang. Lalu untuk tenaga kesehatan yang disuntik dosis ketiga ada 2.063 orang.

Melihat tren capaian harian, dirinya berharap herd immunity Kota Tangerang dapat tercapai atau terbentuk pada Agustus ini.

“Melihat antusias petugas maupun masyarakat, saat ini memang sedang tinggi-tingginya. Seperti hari ini, Kecamatan Karawaci selain sentra kelurahan juga membuka di Icon Walk dengan sekitar 2.500 dosis selama empat hari. Langkah-langkah seperti inilah yang terus kita gencarkan untuk percepatan terbentuknya kekebalan komunal,” ujarnya.

Kemudian dirinya juga tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang tanpa terkecuali, untuk segera mengikuti vaksinasi dimana pun di lokasi terdekatnya.

“Selain 5M dan 3T, kami mengimbau antusias vaksinasi bisa terus meningkat. Segera cari info di Kelurahan atau Polsek setempat terkait dimana ada vaksinasi, dan segera vaksin. Sedangkan yang sudah vaksinasi diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021