Pemerintah Kota Tangerang bersama dengan MUI dan juga Baznas Kota Tangerang meluncurkan program  Kita Jaga Kyai berupa layanan kesehatan bertepatan dengan momen peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443 H.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangannya Senin mengatakan program  Kita Jaga Kyai merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemkot dan juga segenap unsur keagamaan kepada para tokoh dan pemuka agama yang wafat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Sebanyak 354.810 warga Kota Tangerang sudah disuntik dosis lengkap

"Sekarang waktunya kita untuk saling menjaga dan melindungi sesama, terlebih para ulama," kata Wali Kota Arief dalam acara Dzikir dan Doa Istigasah Menyambut 1 Muharram 1443 H secara daring, Senin (9/8).

Selain itu dalam acara yang juga diikuti oleh Ketua Baznas Kota Tangerang KH. Aslie Elhusyaery serta Ketua Umum MUI Kota Tangerang KH. A. Baijuri Khotib, Arief juga berpesan agar semangat kebersamaan dan gotong dalam menghadapi Covid-19 bisa terus dipertahankan.

"Salah satu upaya yang dilakukan melalui dana umat yang dikelola oleh Baznas Kota Tangerang. Karena para ulama memiliki peran penting dalam syiar agama bagi masyarakat," ujarnya.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH. Aslie Elhusyaery menambahkan program  Kita Jaga Kyai merupakan dukungan fasilitas kesehatan yang layak bagi kyai, ulama dan kalangan pesantren guna menjaga imunitas.

"Selain bantuan berupa fisik, Baznas dan MUI juga akan membuat program yang bersifat literasi percepatan penanganan COVID-19," kata Ketua Baznas Kota Tangerang.

Aslie menambahkan selain program  Kita Jaga Kyai, Baznas juga akan melakukan program Kita Jaga Yatim berupa santunan tunai bagi para yatim dan dhuafa. "Penyaluran bantuan akan bekerja sama dengan MUI, FSPP dan UPZ selama bulan Muharram 1443 H," ujarnya.

Untuk diketahui, Baznas Kota Tangerang mengalokasikan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk pelaksanaan program Kita Jaga Kyai dan Kita Jaga Yatim. Adapun dukungan fasilitas dalam program Kita Jaga Kyai antara lain paket imun (multivitamin, madu dan herbal), paket hygine kit (masker, hand sanitizer dan wastafel sehat untuk pesantren), layanan medical check up, dukungan isoman serta dukungan pelaksanaan vaksin bagi kalangan ulama dan pesantren.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021