Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten menyampaikan bahwa kasus aktif positif COVID-19 yang dirawat di rumah sakit (RS) maupun di tempat isolasi mengalami penurunan selama dua pekan terakhir.

"Dari dua sampai tiga pekan terakhir ini kasus COVID-19 mengalami penurunan meski belum signifikan. Jika sebelumnya dalam sehari ada 400 kasus, menurun menjadi 200-300 kasus," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Kemendag salurkan telur ke Kota Tangerang bantu makanan warga yang jalani isoman

Ia menyampaikan kasus aktif COVID-19 tersebut terus menunjukkan angka penurunan setiap hari, seperti saat ini tercatat ada 200-300 orang yang sebelumnya mencapai 400 orang, bahkan pada awal Juli 2021, angkanya bisa melebihi dari itu.

"Paling penurunannya sekarang hanya 5 persen saja dan kalau konsisten terus bisa lebih dari angka itu," katanya.

Menurut dia, penurunan kasus tersebut sejak tiga pekan diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang akan berakhir pada awal pekan depan.

Efektivitas PPKM, lanjutnya, juga terlihat dari data penurunan tingkat hunian RS dan isolasi terpusat di Kabupaten Tangerang.

"Sekarang juga ada penurunan tingkat keterisian tempat tidur RS yang mencapai 7 persen dan isolasi terpusat bisa sampai 40 persen. Sedangkan angka kesembuhan pasien COVID-19 juga terus mengalami kenaikan," ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mencatat hingga Jumat (6/8), jumlah keseluruhan pasien konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 23.459 kasus. Pasien yang menjalani perawatan 310 orang, yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 menjadi 21.054 orang, meninggal dunia karena terpapar virus corona 368 orang, dan yang masih menjalani isolasi 1.727 orang.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021