Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Banten memastikan stabilitas pangan khususnya yang ada di pasar tradisional terpantau aman dan terkendali selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah itu.

"Situasi pangan di tengah pandemi ini terpantau masih aman termasuk stoknya juga, kita pastikan masyarakat terjaga untuk pangannya," kata Kepala Dispertan Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan di Tangerang, Senin.

Baca juga: 54.227 orang ikuti vaksinasi COVID-19 Sinar Mas Land-pemerintah

Ia mengatakan, stok bahan pokok seperti minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, daging ayam, cabai dan beras dipastikan dalam keadaan cukup untuk beberapa bulan ke depan.

"Dari pantauan kita mulai dari harga hingga stok pangan itu semuanya aman tidak ada kendala," katanya.

Berdasarkan dari laporan data harga sejumlah bahan pokok di pasar, mengalami penurunan, yakni  beras jenis IR 64 KW I dari harga Rp12.000 per kilogram menjadi Rp11.688 per kilogram, gula pasir lokal dari Rp13.500 per kilogram jadi Rp13.188 per kilogramnya, minyak goreng yang semula Rp16.000 per liter menjadi Rp15.125 per liter.

Kemudian, harga daging sapi murni sebelumnya  Rp130.000 per kilogram turun menjadi Rp124.375 per kilogram,  daging ayam ras yang tadinya per kilogram Rp41.250  menjadi Rp40.313 per kilogram,  cabai merah keriting dan besar berkisar Rp26.000-Rp29.000 per kilogram, atau turun dari sebelumnya Rp31.000 per kilogram, dan telur ayam yang semula Rp24.000 per kilogram menjadi Rp23.563 perkilogram.

Menurut dia, sejak masa PPKM Jawa dan Bali diberlakukan tidak terjadi kepanikan warga seperti melakukan aksi borong bahan pangan. Aktivitas di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Tangerang normal bahkan daya beli pun cenderung menurun karena ada aturan pembatasan aktivitas untuk pencegahan penyebaran virus corona.

"Malahan saat ini pengaruh dari PPKM ini daya beli masyarakat terhadap hasil tani itu berkurang," ujarnya.

Untuk itu, dirinya meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan ketersediaan pangan selama beberapa bulan ke depan.

"Saya mengimbau kepada para pelaku usaha atau umumnya masyarakat agar tidak perlu khawatir. Apalagi ada aksi borong atau panik belanja karena kami menjamin stok cadangan pangan semuanya aman," kata dia.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021