Jakarta, (ANTARABanten) - Sebanyak 130 peserta lomba pemilihan Putra - Putri kampus Universitas Mercu Buana, Jakarta, mempromosikan pakaian batik saat kuliah.

"Tema yang kita usung memang tradisional maka semua pakaian peserta dan penonton menggunakan batik," kata Ketua Panitia Pemilihan Putra-Putri Kampus Universitas Mercu Buana, Endi Rekardi di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, dengan dilakukannya pemakaian batik saat acara, diharapkan dapat diikuti para mahasiswa ketika kuliah.

"Jadi, kita ingin tekankan bila batik tidak hanya di pakai saat acara tertentu saja tetapi juga pada momen lainnya," kata Endi Rekardi yang juga sebagai Direktur Kemahasiswaan.

Dalam acara pemilihan putra - putri kampus, ditampilkan pula beberapa batik dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, para dosen pengajar pun ikut tampil seperti model yang menggenakan pakaian batik.

Ditambahkannya pula, bila syarat utama peserta adalah yang memiliki IPK diatas 3,00 dan mahasiswa semester dua hingga enam.

"Bukan hanya sekedar wajah yang di cari melainkan juga kemampuan komunikasi dan pengetahuan luas serta mampu menyusun karya tulis," katanya.

Ia juga menjelaskan bila pemenang pemilihan nantinya akan diikut sertakan dalam ajang tingkat kota maupun nasional.

Kemudian, putra - putri kampus terpilih, juga dinobatkan sebagai duta kampus dalam rangka mendukung program Universitas seperti Go Green dan Kampanye Bebas Rokok di Kampus.

"Tidak hanya sekedar acara seremonial tetapi ada beberapa program dalam meningkatkan kreatifitas mahasiswa di luar pembelajaran dari dosen," katanya.

Dari 130 peserta atau 65 pasang kemudian dilakukan seleksi menjadi 60 peserta atau 30 pasangan. Setelah itu, dilakukan kembali seleksi hingga terjaring sebanyak 26 peserta atau 13 pasangan. "Dari 13 peserta tersebut, lalu di cari pemenang juaranya dengan hadiah Rp 5 juta," katanya.

Dalam pemilihan putra - putri kampus UMB, yang menjadi pemenangnya adalah Maria Christie dan Rahmad Rizky.

Sementara untuk juri pemilihan putra - putri kampus yakni Arissetyanto selaku Rektor UMB, Dana Santosa sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UMB dan Nessi Purnomo sebagai Psikolog UGM

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012