Tangerang, (ANTARABanten) - PT Pertamina meminta kepada seluruh pedagang untuk menjual setiap gas dengan ukuran isi 3 kilogram  maksimal Rp 15 ribu.

"Kami sudah minta kepada seluruh pedagang atau outlet agar menjual tabung gas 3 kilogram maksimal sebesar Rp 15 ribu dan tidak lebih," kata Sales Representatif PT Pertamina wilayah DKI Jakarta dan Banten, Arifin ditemui saat melakukan operasi di lima agen, Rabu.

Arifin mengatakan, harga jual dari Pertamina kepada agen yakni Rp 12.000 per tabung.  Kemudian, harga jual agen kepada pangkalan yakni Rp 12.750 sesuai dengan Permen Kementrian ESDEM No 28 tahun 2008.

Lalu, harga jual dari pangkalan kepada outlet atau pengecer yakni Rp 14.000 dan jual ke ibu rumah tangga atau pembeli lainnya yaitu Rp 15 ribu.

Oleh karena itu, untuk mendukung dan melakukan pengawasan terhadap harga jual agar tidak melebihi batas maksimal, Maka, PT Pertamina akan melakukan kerjasama dengan Dinas Perdagangan di tiga wilayah Tangerang untuk melakukan pengawasan.

"Agar tidak melebihi batas maksimal dan membebani masyarakat pengguna, maka perlu adanya pengawasan. Jadi kita akan kerjasama dengan Pemda," katanya.

Usman, salah satu pengecer yang memiliki outlet di Cipondoh menuturkan, bila selama dua minggu memang terjadi kelangkaan tabung gas ukuran 3 kilogram.

Maka, harga jualnya pun mencapai Rp 17 ribu. Meski saat ini PT Pertamina telah menambah pasokan tetapi, masih terjadi kekurangan.

Ia juga menuturkan bila dirinya menjual gas 3 kilogram dengan harga Rp 15 ribu kepada. "Sebelumnya kami jual dengan harga 14 ribu," katanya.

Sementara itu, pada hari ini PT Pertamina melakukan operasi pasar ke lima agen penjualan tabung gas ukuran 3 kilogram di Tangerang, terkait adanya kelangkaan.

Kelima agen yang dilakukan operasi pasar adalah agen di Kota Bumi, Pasar Kemis, Cipondoh, Jambe dan Bitung.

PT Pertamina pun menambah pasokan gas elpiji ukuran 3 kilogram untuk wilayah Tangerang  mencapai 300 ribu tabung setiap hari.

Untuk hari biasa, PT Pertamina biasanya memasok elpiji ukuran 3 kilogram sebanyak 150 ribu tabung atau 450 ton. 

Penambahan pasokan mencapai dua kali lipat dikarenakan banyaknya laporan dari masyarakat mengenai kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kilogram.

Bahkan, pihaknya pun sudah menginstruksikan kepada 70 agen yang tersebar di tiga wilayah Tangerang untuk memenuhi seluruh kebutuhan distibutor.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012