Serang (ANTARABanten) - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution meminta jajaran kepolisian mematuhi MoU antara PWI dan Polri yang ditandatangani Februari 2012 lalu, terkait penyelesaian sengketa pers melalui UU Pers.


"Para Kabid Humas di Polda, tolong dikirim isi MoU itu kepada para Kapolres dan Kapolsek sehingga tidak ada alasan bagi mereka tidak tahu isi MoU itu terkait penyelesaian sengketa pers dan harus dijalankan dengan konsekuen dan konsisten," kata Saud Usman Nasution pada 'Sarasehan PWI Banten dengan Polda se-Jawa, Bali dan Lampung di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, terkait dengan MoU antara PWI dan Polri dalam penyelesaian sengketa pers yang sudah ditandatangani itu, jajaran kepolisian harus melaksanakan penegakan hukum dengan konsisten dan konsekuen, agar penyelesaian sengketa pers yang dilaporkan masyarakat harus diselesaikan dengan UU pers bukan dengan KUHP.

Aparat kepolisian harus mampu mengeliminasi hal-hal yang di luar ketentuan itu, seperti yang kemarin terjadi di Polres Sumedang.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta para Kabid Humas Polda agar melaksanakan UU keterbukaan Informasi Publik, dengan menyediakan informasi apapun yang wajib disampaikan kepada publik, tanpa harus ditutup-tutupi.

"Sampaikan informasi dari Polri setiap hari kepada masyarakat, kecuali memang ada informasi yang belum layak dipublikasikan atau masih dalam tahap penyidikan atau penyelidikan," kata Usman.

Pernyataan serupa disampaikan Ketua Umum PWI Pusat Margiono. Kalau ada sengketa pers harus diselesaikan dengan UU Pers, tidak lagi menggunakan pendekatan penyelesaian dengan jalan KUHP. Apakah itu terkait pasal pencemaran nama baik ataupun pasal penghinaan dan tindakan tidak menyenangkan.   

Sarasehan PWI Banten dan Polda se-Jawa, Bali dan Lampung tersebut, menghadirkan pembicara yakni Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution dan Anggota Dewan Pers Wina Armada.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua PWI Margiono, Kapolda Banten Brigjen pol Eko Hadi Sutedjo serta ratusan anggota Polri dan para Kabid Humas dari Delapan Polda dari wilayah Jawa, Bali dan Lampung. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012