Tangerang (ANTARABanten) - Kementrian Perumahan Rakyat akan membangun 100 ribu rumah dengan kredit bunga rendah yakni lima persen.


"Pembangunan 100 ribu rumah tersebut akan dilakukan tahun 2012 ini," kata Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz saat peresmian Gedung Baru Sinar Mas Land Plaza di Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan, pembangunan akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan asumsi pembagian yang dilakukan secara merata.

Sementara itu, untuk kredit bunga rendah lima persen, saat ini Kemenpera masih melakukan tahap negosiasi dengan beberapa pihak.

Nantinya, selain mendapatkan kredit bunga rendah, masyarakat pun dapat mencicil pembelian selama 15 tahun.

"Program ini ditargetkan berjalan pada tahun ini di seluruh wilayah Indonesia sehingga dapat membantu warga mendapatkan tempat kehidupan yang layak," katanya.

Oleh karena itu, Kemenpera mengajak pengembang swasta untuk ikut serta dalam pembangunan tersebut.

Tidak hanya membangun rumah yang biayanya sangat tinggi dan dapat memberatkan masyarakat. Apalagi, pertumbuhan masyarakat di setiap daerah sangat tinggi.

"Seperti di Banten khususnya Serpong, semua masyarakat ingin menetap disini. Maka, jangan sampai kesulitan mendapatkan fasilitas," katanya.

Dengan program tersebut, maka Kemenpera juga mendorong untuk menciptakan daerah bebas dari rumah kumuh.

Nantinya, program bedah rumah dengan nominal satu rumah sebesar Rp5 juta akan digalakan. Pihak swasta dapat ikut serta.

"Kami yakin, kawasan rumah kumuh dapat teratasi apalagi jumlahnya sudah tidak begitu banyak di sini," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2012