Bupati Lebak, Banten Iti Octavia Jayabaya mengharapkan Komando Strategis Petani (Kostratani) dapat mendorong peningkatan produktifitas pertanian di daerah tersebut.

"Kostratani ini tidak lain adalah upaya peningkatan produktifitas pertanian, khususnya di daerah melalui pendekatan pertanian digital," katanya pada acara Kegiatan Pelatihan Manajerial Balai Pelatihan Pertanian Komando Strategis Petani (BPP Kostratani) di Rangkasbitung, Senin.

Baca juga: Pengemudi di Kabupaten Lebak diminta waspadai jalan longsor

Digitalisasi pertanian atas seluruh potensi yang ada di Kabupaten Lebak harus dioptimalkan. Dalam rangka pencapaian hal tersebut, aspek sumber daya manusia memiliki peran vital dalam keberhasilan Kostratani.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) atas fasilitasi penyelenggaraan pelatihan ini, mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini para petugas pertanian, khususnya para penyuluh pertanian di Kabupaten Lebak," katanya.

Harapannya, kata dia, para penyuluh pertanian semakin meningkat kompetensi dan kinerjanya dalam mendampingi petani menyediakan pangan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Lebak.

Kepala PPMKP Ciawi Yusral Tahir menjelaskan, program ini diinisiasi oleh Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola pada BPP Kostratani di kecamatan, dengan mengoptimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

"Ke depan mudah-mudahan kita akan merebut pasar internasional untuk komoditas pertanian," ujarnya.
 

 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021