Tangerang (ANTARABanten) - Sebanyak 80 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan golongan III angkatan V dan VI di Gedung Diklat Kabupaten Tangerang.


"Kami harapkan, diklat prajabatan bagi CPNS dapat dijadikan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap  melaksanakan tugas secara professional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS," kata Bupati Tangerang, Ismet Iskandar di Tangerang, Kamis.

Dikatakannya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib belajar membiasakan diri mematuhi peraturan-peraturan tata tertib dan peraturan disiplin yang sudah ditetapkan.

Diklat prajabatan ini penting mengingat di era globalisasi menuntut kualitas sumber daya manusia handal untuk meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan sebagai komponen utama bangsa yang memiliki peran strategis pada keberhasilan dimasa mendatang, katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Tangerang H. Abdul Halik menambahkan peserta diklat prajabatan golongan III angkatan V dan VI berasal dari SKPD Kabupaten Tangerang. Diklat prajabat dilaksanakan mulai 27 Oktober hingga 17 Nopember.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam diklat prajabatan adalah metode mengajar orang dewasa (andragogy), dipadukan dengan ceramah, diskusi kelompok, simulasi/role playing, katanya.

Untuk mengetahui keberhasilan penyelenggara, maka selama diklat diadakan evaluasi baik terhadap peserta, widyaiswara maupun terhadap panitia pelaksana.

Khusus kepada peserta akan difokuskan dua aspek yaitu sikap dan prilaku dengan bobot 60 persen meliputi disiplin, kepemimpinan, kerjasama dan prakarsa. Sedangkan Aspek penguasaan materi 40 persen.

Setelah memberikan sambutan Bupati menyematkan tanda peserta diklat secara simbolis kepada dua perserta yaitu Siti Nur Mariam Mutiara dari angkatan V dan Yoga Pratama angkatan VI, setelah itu dibacakan juga janji peserta diklat didepan Bupati dan Kepala BKD.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011