Pandeglang (ANTARABanten) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan membantu bahan bangunan bagi korban angin puting beliung di Kecamatan Sukaresmi dan Pagelaran.


"Saya sudah minta agar camat dari kedua kecamatan itu mendata rumah warga yang rusak akibat puting beliung dan mengajukan bantuan pada pemerintah daerah," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, Selasa.

Ia berjanji, akan memprioritaskan pemberian bahan bangunan bagi korban musibah tersebut, agar warga bisa memperbaiki rumahnya yang rusak supaya dapat ditempati kembali.

Bupati juga meminta, agar warga mewaspadi terjadinya bencana, terutama banjir, angin puting belun dan tanah longsor, karena saat ini sudah tiba musim penghujan.

"Pandeglang, termasuk daeran rawan bencana, terutama banjir, puting belung dan longsor, jadi kita minta warga untuk selalu mespada akan datangnya bencana itu," katanya.

Erwan mengharapkan, agar seluruh rumah yang mengalami kerusakan, baik berat, sedang maupun ringan didata dan diajukan untuk mendapatkan banguan.

"Kita minta semua yang rusak diajukan, tinggal nanti diatur pemberian bantuannya. Banyak bantuan sesuai dengan kebutuhan, jadi tidak akan sama antara yang rusak ringan, sedang dan berat," ujarnya.

Angin puting beling terjadi di Kecamatan Sukaresmi dan Pagelaran, Kabupaten Pandegelang pada Senin (17/10) sekitar pukul 15.00 WIB.

Akibat musibah itu, tujuh rumah warga di Desa Tegal Papak, Kecamatan Pagelaran dan Desa Cibungur, Kecamatan Sukaresmi mengalami kerusakan sangat parah serta belasan mengalami rusak sedang dan ringan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011