Tangerang (ANTARABanten) - Pencari kerja untuk sejumlah perusahaan di Kota Tangerang, Banten, meningkat hingga mencapai 100 persen pasca-Lebaran karena banyaknya lowongan yang tersedia pada berbagai sektor.

"Data yang kami kumpulkan pasca-Lebaran meningkat 100 persen jumlah pencari kerja di wilayah ini," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkot Tangerang, Abduh Surahman di Tangerang, Senin.

Dia mengatakan, padahal hari biasa jumlah pencari kerja yang datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat sekitar 300 orang, namun saat ini mencapai 600 orang.

Menurut dia, jumlah pencari kerja itu meningkat setelah sepekan Lebaran 2011 yang datang dari berbagai kota di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Pemalang, Cirebon, Tegal, Semarang, Bantul, Gunung Kidul dan Malang.

Selain itu, pencari kerja dari beberapa kota di Pulau Sumatera seperti dari Padang, Medan, Jambi, Bengkulu, Tanggamus, Liwa, Metro, Muaro Jambi dan Lahat mendatangi kantor tersebut untuk meminta kartu kuning sebagai salah satu persyaratan.

Namun, lowongan yang tersedia setiap bulan hanya sekitar 2.400 pekerja dari berbagai sektor di antaranya sepatu, garmen, makanan dalam kemasan, elektronik, mainan anak-anak, suku cadang kendaraan dan perumahan.

Padahal, lowongan yang tersedia pada pabrik hanya sekitar 2.400 hingga 2.800 setiap bulan untuk calon pekerja yang datang melamar berasal dari berbagai daerah.

Walau begitu, pihaknya juga berupaya untuk menyarankan kepada pencari kerja dari luar daerah agar bersedia menjadi tenaga pemasaran untuk kendaraan roda dua, pusat perbelanjaan dan makanan dalam kemasan serta penjualan perumahan.

Meski demikian, semua pencari kerja itu diberikan kemudahan dengan memberikan kartu kuning, tanpa dipungut biasa demi meringankan beban mereka.

Dia menambahkan dari sekitar 2.100 perusahaan dengan skala kecil dan ekspor di wilayah ini, dominan membutuhkan tenaga kerja yakni sektor pembuatan sepatu, makanan dalam kemasan serta elektronik.

Pada prinsipnya, katanya, pencari kerja dipermudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan memberikan informasi secara jelas kepada pelamar tentang perusahaan yang membutuhkan, tentunya sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011