Merak (ANTARABanten) - Pemudik arus balik yang naik bus di Terminal Terpadu Merak (TTM) mayoritas tujuan Kali Deres, dan Pulo Gadung atau kawasan industri Jakarta.


"Berdasarkan hasil evaluasi dan laporan dari staf kami yang bertugas di TTM, umumnya penumpang naik pada arus balik lebaran ini, adalah tujuan Kali Deres dan Pulo Gadung," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Erwin Harahap, Kamis.

Dia menjelaskan, umumnya penumpang dengan tujuan Kali Deres adalah buruh pabrik di kawasan industri Jakarta. "Kemungkinan mereka adalah buruh pabrik," katanya menjelaskan.

Dari data yang ada, sebanyak 50 persen dari bus pemberangkatan menuju  Kali Deres, sedangkan sisanya berbagai tujuan seperti Kampung Rambutan, Bekasi, Bandung dan Cikarang.

"Dominasi Kali Deres sampai sekarang juga masih terus terjadi, untuk saat ini perbandingannya, masih sama lima bus ke Kali Deres, lima bus lagi disejumlah jurusan terminal," katanya menambahkan.

Terpisah, salah seorang penumpang di TTM, yang tengah menunggu bus jurusan Kali Deres, Nur Fitri mengaku kesulitan mendapatkan kursi di bus. "Tadi saya kalah cepat dengan penumpang lain, sehingga saya tidak mendapatkan tempat duduk, dan turun lagi dari bus, menunggu bus datang kosong," katanya.

Kondisi seperti ini kata dia, bukan saja terjadi pada musim lebaran tahun 2011, akan tetapi lebaran tahun sebelumnya.

"Kalau lebaran tahun lalu, lebih parah, saya hampir enam jam terkatung-katung tidak mendapatkan bus, karena setiap bus yang datang selalu penuh, karena berebut dengan ratusan penumpang lainnya," katanya menjelaskan. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011