Tangerang, (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, menyiapkan 16 petugas pemadam kebakaran selama lebaran.

"Meski lebaran, 16 petugas akan tetap disiagakan untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Kota Tangerang Selatan Subiantoro di Tangerang, Selasa.

Subiantoro mengatakan, petugas akan tetap disiagakan meski lebaran.

"Petugas tidak diliburkan saat lebaran. Hanya waktunya saja yang diatur agar petugas bisa melaksanakan lebaran," katanya.

Untuk kendaraan pemadam kebakaran, Subiantoro menuturkan, hingga saat ini Kota Tangerang Selatan masih memiliki satu unit.

Untuk menutupi kekurangan armada pemadam kebakaran ini pihaknya melakukan kerja sama dengan Pemkot Jakarta Selatan dan Pemkot Tangerang ditambah dengan armada yang dimiliki pihak swasta, seperti BSD, Bintaro dan Puspiptek yang masing-masing memiliki satu unit.

"Kita sudah koordinasi dengan daerah tetangga seperti Jakarta Selatan, Kota dan Kabupaten Tangerang. Bila dibutuhkan," katanya.

Subiantoro menambahkan, selain armada pemadam kebakaran, pihaknya juga membutuhkan mobil rescue untuk penyelamatan dan penanganan korban bencana.

Dia menjelaskan, kebutuhan armada Damkar ini mendesak mengingat sering terjadi kebakaran di Kota Tangsel. Tercatat hingga bulan Juli, telah terjadi lebih dari 10 kebakaran yang sebagian besar terjadi di pemukiman padat penduduk.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011