Tangerang, (ANTARABanten) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, membangun sarana maupun prasarana penunjang di Kecamatan Kronjo setelah wilayah ini ditetapkan sebagai sentra industri perikanan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Sarana maupun prasarana penunjang industri itu kita bangun seperti jalan maupun pendukung lainnya," kata Sekretaris Daerah Pemkab Tangerang H. Hermansyah di Tangerang, Kamis.

Pernyataan Hermansyah tersebut sehubungan adanya Surat Keputusan (SK) Menteri Kelautan dan Perikanan No. 32 Tahun 2010 bahwa wilayah Kecamatan Kronjo ditetapkan menjadi sentra industri perikanan.

Sedangkan wilayah serupa lainnya ditetapkan di Banten yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kota Serang serta Kabupaten Pandeglang.

Meski program tersebut dicanangkan sejak Tahun 2010 namun harus selesai awal tahun 2015, maka untuk membangun sarana penunjang tentu lebih awal dikerjakan.

Menurut dia bahwa saat ini jalan menuju sentra tersebut dibangun menggunakan konstruksi semen cor bertulang agar tidak rusak bila dilalui kendaraan dengan tonase besar.

Bahkan kawasan sekitar seperti Kecamatan Balaraja, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Mauk maupun Kecamatan Pasar Kemis juga diterapkan pembangunan jalan dengan konstruksi serupa.

Demikian pula sejumlah sarana lain seperti persiapan penyaluran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat sedang dikerjakan.

Pemkab Tangerang juga sudah menyediakan lahan sekitar 2,1 hektare untuk program itu dan warga setempat dilibatkan demi kesejahteraan penduduk yang mayoritas memang mengandalkan pendapatan dari sektor perikanan dan pertanian.

Dalam program itu berbagai usaha perikanan diolah menggunakan teknologi industri mulai dari budidaya ikan tawar dan laut, pengembangan hingga produksi dalam kemasan.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang, H. Ahmad Jaini mengatakan penetapan Kecamatan Kronjo sebagai sentra industri perikanan disambut antusias sejumlah warga di wilayah ini karena akan mengurangi tenaga pengangguran usia produktif.

Menurut anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar itu bahwa pihaknya sudah mendatangi sejumlah warga dan mereka antusias menyambut penetapan Kronjo sebagai sentra industri perikanan.

Ahmad Jaini mengatakan tenaga kerja produktif terutama pada sektor perikanan di Kecamatan Kronjo banyak yang belum mendapatkan kesempatan kerja sehingga mereka masih menganggur.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011