Serang (ANTARABanten) - Ribuan peziarah dari berbagai daerah menjelang bulan suci Ramadhan 1432 Hijriah berdatangan ke kawasan Masjid Agung Banten Lama dan makam Sultan Maulana Hasanudin di Kota Serang, Provinsi Banten.


Pantauan, Minggu, ribuan peziarah dari berbagai daerah mengunjungi kawasan wisata Banten Lama dengan menggunakan kendaraan bus, truk, bak terbuka dan sepeda motor hingga menimbulkan kemacetan.

Mereka berdatangan sejak pagi hingga malam hari dari berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Selain berziarah di makam Sultan Maulana Hasanudin juga mendatangi Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama yang jaraknya sekitar 200 meter dari Masjid Banten Lama.

Sudrajat, petugas di Kompleks Masjid Agung Banten Lama, mengatakan selama menjelang Ramadhan  peziarah meningkat dan puncaknya Minggu (24/7) diperkirakan puluhan ribu orang, padahal hari biasa hanya 1.500 orang.

Meningkatnya jumlah peziarah itu, kata dia, sudah hal biasa setiap tahun menjelang datangnya bulan puasa.

"Biasanya, umat muslim setiap menjelang puasa melaksanakan ziarah ke makam orangtua, juga makam aulia," katanya.

Ia mengatakan, pengunjung selain ziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin juga ke makam Sultan Maulana Hasanuddin, dan makam Maulana Yusuf.

Bahkan, peziarah juga mengunjungi sejumlah lokasi ziarah di wilayah Provinsi Banten.

Mereka setelah berziarah di Banten Lama lalu ke Gunung Santri di Kota Cilegon, mereka melanjutkan ziarah ke tempat ziarah di Carita, Caringin, Cigondang, Cikadueun di Kabupaten Pandeglang.

"Kebanyakan warga yang berziarah itu dari kelompok pengajian majelis taklim dan pondok pesantren," katanya.

Sementara itu, Udin,  peziarah warga Bekasi mengaku dirinya datang ke Banten Lama bersama rombongan pengajian untuk mendoakan para aulia di antaranya makam Sultan Maulana Hasanudin.

"Kami sudah lima tahun terakhir menjelang Ramadhan selalu datang ke sini untuk ziarah," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011