Serang (ANTARABanten) - PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak, akan mempercepat perbaikan jalan tol tersebut.

"Kita mempercepat target perbaikan jalan tol Tangerang-Merak, dari semula dijadwalkan selesai 2014 menjadi 2012," kata  Manager Lalu Lintas dan Ketertiban PT MMS Rakhmatullah di Serang, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Rakhmatullah, usai rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Banten dalam rangka persiapan angkutan dan jalan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1432 Hijriyah.

Menurut dia, perbaikan jalan tersebut telah dilaksanakan sejak 2009, dan sampai saat ini tinggal dua kilometer yang belum selesai, dari total yang mengalami perbaikan 40 kilometer.

Ia mengaku, perbaikan jalan tol tersebut berupa pengecoran dan pengaspalan masih berlangsung di beberapa titik itu, menganggu kenyamanan pengguna jalan.

"Kami upayakan seluruh jalur yang sudah diperbaiki dengan cara dibeton, sudah selesai pengaspalannya sebelum angkutan lebaran," kata Rakhmatullah.

Menurut dia, setelah perbaikan jalan selesai, maka tinggal memperbaiki bagian sisi kiri dan kanan, pemasangan rambu yang belum ada serta pemasangan pagar pembatas dua jalur jalan tersebut.

Dengan kondisi jalan tol yang sudah bagus, kata dia, pihaknya berharap para pengendara jangan sampai terlena dan kurang disiplin saat mengendarai, sehingga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Sebab, kata dia, masih ada beberapa titik rawan di jalan tersebut yang sering mengakibatkan terjadinya kecelakaan dan menjadi perhatian khusus pengelola jalan.

Beberapa titik yang rawan terjadinya kecelakaan di jalan tol Tangrang-Merak,  di antaranya kilometer 60 sampai kilometer 70 dan kilometer 26 sampai kilometer 35.

"Pantauan kami selama ini kecelakaan tersebut terjadi malam menjelang dini hari, penyebab kecelakaan biasanya pengendara kelelahan atau mengantuk," katanya.

Dalam menghadapi angkutan lebaran, ia mengaku,  sudah mempersiapkan dengan menambah rambu lalu-lintas yang belum ada, menambah mobil patroli serta mobil pemadam kebakaran juga penambahan personil pada operasional.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Dirlantas Polda Banten AKBP Sutiyono mengatakan, saat ini telah disiapkan untuk membangun posko pemantauan lalu lintas, terutama pada jalur rawan  kecelakaan saat arus mudik dan balik lebaran.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011