Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta menjadi salah satu lokasi sentra vaksinasi COVID-19 di wilayah Jakarta Barat dengan sasaran penerima yakni guru dan tenaga pendidik.

Ketua Satgas COVID-19 UMB yakni Danto Sukmajati di Jakarta Selasa mengatakan Universitas Mercu Buana sebagai institusi pendidikan ikut berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Kembangan dalam mengurangi sebaran COVID-19.
Baca juga: UMB - P2KPTK2 adakan pelatihan pembelajaran daring khusus guru Jakarta Barat

UMB menjadi salah satu Sentra Vaksinasi di wilayah Jakarta Barat selain Kecamatan Cengkareng, Kelurahan Rawa Buaya, Pos Imunisasi Duri Kosambi, RSUD Cengkareng, RS Cinta Kasih Tzu Chi, RS Puri Indah dan Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan.

UMB sebagai Pendidikan Tinggi juga sangat peduli membantu Pemerintah dalam mengurangi dan mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya dengan menjadi Sentra Vaksin di wilayah Jakarta Barat.

"Sentra Vaksin di UMB mulai berjalan sejak 5 April 2021 hingga tiga bulan kedepan yang dimulai dari guru dan tenaga pendidik. Dalam sehari pelayanan vaksin dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang dengan kuota sekitar 500 orang”, jelas Danto.

Ia mengatakan tahapan vaksinasi di UMB dilakukan sejak peserta datang dengan melakukan pemeriksaan suhu dan berkas. "Selanjutnya, peserta diwajibkan melakukan pendaftaran ulang, pemeriksaan fisik, screening, proses vaksin, dan observasi," kata dia.

Kepala Biro Humas dan Sekretariat Universitas Mercu Buana yakni Riko Noviantoro menambahkan Pemerintah Indonesia saat ini sedang melakukan percepatan penanggulangan COVID-19 melalui pemberian vaksin berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi.

Target Pemerintah setidaknya 60 persen penduduk Indonesia secara bertahap akan mendapatkan vaksin agar mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Semua pihak perlu bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat mengakselerasi program vaksinasi sehingga kekebalan kelompok bisa segera tercapai.

"Pemberian vaksin adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. UMB ikut berpartisipasi dalam mensukseskan vaksinasi nasional ini," katanya.



 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021