Angka pasien sembuh COVID-19 atau telah selesai masa perawatan dan isolasi mandiri di rumah sakit di Kabupaten Serang pada Maret 2021 mencapai 2.846 orang

"Itu data kumulatif per 14 Maret 2021 berjumlah 2846 dari total kasus 3.205," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi di Serang , Selasa.

Menurutnya angka itu tidak mengalami peningkatan, karena  setiap hari selalu ada yang terkonfirmasi, namun tidak ada lonjakan yang berarti.

"Karena kita selalu tracing dan tracking serta testing kontak berat dan kontak dekat yang dilakukan puskesmas dan dinas kesehatan," katanya.

Terkait dengan program vaksinasi bagi tenaga pendidik atau guru yang sudah dilaksanakan di sejumlah sekolah di Banten, Agus mengatakan di wilayah Kabupaten Serang sendiri hingga saat ini belum dilakukan.

"Kalau untuk tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Serang itu belum, mungkin yang sudah itu tingkat SMA Kota Serang yang dilakukan Dinkes Provinsi Banten, untuk Kabupaten Serang sendiri vaksinasi para guru diperkirakan pelaksanaanya di bulan April," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk kebutuhan vaksin tenaga guru, saat ini pihaknya masih menunggu data lengkap dari dinas pendidikan untuk seluruh sekolah, mulai dari tingkat Paud, SD dan SMP.

Sebab, kata Agus, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI bahwa pendistribusian yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk kabupaten/kota disesuaikan dengan persediaan atau sesuai dengan tahapan yang akan dilaksanakan.

"Hari Jumat kemarin kalau tidak salah tanggal 12 kita memperoleh sejumlah 980 Vial Sinovac untuk tahap dua termin kedua, masih diperuntukan bagi para OPD pelayanan publik, pelaku wisata, dan insya Allah untuk para pelaku media," ujarnya.

Sementara untuk para lansia, Agus mengatakan menurut informasi dari Kementerian Kesehatan RI, distribusi vaksin diperuntukan bagi para jemaah haji 2021 yang berusia diatas 60 tahun.

"Jadi itu yang diutamakan untuk lansia di Kabupaten Serang. Kalau untuk umum selama belum ada peruntukannya belum bisa kami lakukan, karena itupun tergantung dari persediaan vaksin yang didistribusikan ke Kabupaten Serang," kata Agus. (ADV)




 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021