Serang (ANTARABanten) - Sebanyak 144 tenaga kerja Indonesia  asal Banten yang "overstay" di Arab Saudi ikut dipulangkan melalui Pelabuhan Tanjung Priuk, DKI Jakarta.


Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Serang Sumardik di Serang, Rabu, mengatakan, 144 TKI asal Banten tersebut setiba di Pelabuhan Tanjung Priuk langsung diantar ke rumah masing-masing menggunakan armada yang disediakan Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

"Mereka adalah TKI yang tinggal di bawah jembatan di Arab Saudi. Sebagian besar dari mereka adalah perempuan," kata Sumardik.

Ia mengatakan, 144 TKI asal Banten tersebut terdiri atas 71 TKI asal Kabupaten Serang di antaranya 68  dewasa dan 3 bayi, dari Tangerang sebanyak 31 orang di antaranya 30 orang dewasa 1 bayi, dari Kabupaten Lebak 33 orang di antaranya 30 orang dewasa, 1 anak dan 2 bayi dan dari Kabupaten Pandeglang sebanyak 9 orang semua  dewasa.

"Kami memantau langsung di Tanjung Priuk. Mereka semua dalam kondisi baik dan langsung diantar ke rumah masing-masing," kata Sumardik.

Sumardik mengatakan, sebagian besar dari 144 TKI asal Banten itu diberangkatkan melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), namun saat berada di Jeddah Arab Saudi bermasalah.

"Mereka antara lain TKI yang 'overstay', kabur dari rumah majikan, tidak dibayar gajinya serta masalah lain," kata Sumardik.

Namun demikian, Sumardik menegaskan, tidak ada TKI asal Banten yang dipulangkan itu yang mengalami kekerasan. Mereka dipulangkan karena bermasalah mengenai keberadaannya di Arab Saudi.

Ia menyatakan, pemulangan TKI bermasalah asal Banten bersamaan dengan pemulangan TKI se-Indonesia yakni antara lain berasal Jawa Barat sebanyak 1.136 orang, Jawa Timur 332 orang, Jawa Tengah 209 orang, Nusa Tenggara Barat 163 orang,  Kalimantan Selatan 49 orang, Lampung 35, Kalimantan Barat 27, Sulawesi Selatan 25, Jakarta 13, Nusa Tenggara Timur 10, Sulawesi Tengah delapan orang, Sumatera Selatan enam orang, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tenggara masing-masing empat 4 orang, Maluku dan Sulawesi Barat masing-masing dua orang, serta Jambi satu orang.

Total TKI bermasalah yang dipulangkan se-Indonesia sebanyak 2.352 orang.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011