Serang (ANTARABanten) - Ketua Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten HM Masduki mengatakan pihaknya segera melakukan tes urine kepada aparat pemerintah sebagai antisipasi penggunaan narkoba di lingkungan pemerintah provinsi setempat.


"Kami prihatin kondisi saat ini ada sejumlah oknum aparat yang terlibat peredaran dan penggunaan narkoba. Harusnya mereka mendapat hukuman lebih berat dibanding masyarakat biasa," kata Wakil Gubernur Banten yang juga Ketua BNNP Provinsi Banten HM Masduki di Serang, Jumat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan program rutin BNNP pada tahun 2011 yakni melakukan tes urine bagi aparat dilingungan pemerintah Provinsi Banten serta program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di masyarakat dan lingkungan sekolah.

"Waktunya tidak akan kami beritahu, yang pasti akan dilaksanakan karena ini sudah menjadi salah satu program BNNP Provinsi Banten." kata Masduki.     
   
Masduki mengatakan, jika ditemukan adanya oknum aparat pemerintah dalam lingkungan atau instansi tertentu yang terindikasi menggunakan apalagi menjadi pengedar barang-barang narkotika, seharunya mereka mendapatkan hukuman yang lebih berat dibanding masyarakat biasa, karena aparat tersebut yang seharusnya mengawasi dan memberantas.

"Harusnya mereka yang mengawasi masyarakat, ini malah terlibat. Oleh sebab itu saya setuju hukumannya lebih berat," kata Masduki terkait terungkapnya jaringan peredaran narkotika di linkungan Lembaga Pemasayarakatan yang melibatkan oknum aparat seperti yang diduga terjadi di LP Nusakambangan.

Namun demikian, BNNP provinsi tidak memiliki kewenangan terkait pengawasan dilingkungan tersebut kecuali ada kerja sama dan permintaan dari  Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Banten untuk pengawasan bersama-sama.

Sebab sepenuhnya hal itu menjadi kewenangan Kementerian Hukum dan HAM yang membawahi Lapas dan Rutan dalam upaya mengantisipasi dan pemberantasan narkoba di lingkungan tersebut.

Selain itu, kata dia, program rutin yang dilakukan BNNP adalah melaksanakan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), di kalangan masyarakat, pelajar, pemuda, mahasisiwa dan para pegawai dilingkungan Pemprov Banten.

Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhadi mengatakan, pihaknya siap bekeraja sama dengan BNNP Provinsi Banten untuk melakukan tes urin terutama untuk kalangan pejabat eselon II dan III di lingkungan Provinsi  Banten.

"Dalam waktu dekat kita siap laksanakan tes urine bekerja sama dengan BNNP, tahap pertama untuk kalangan pejabat eselon II dan III," kata Muhadi.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011