Serang (ANTARABanten) - Pantai Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang Banten, ditetapkan menjadi salah satu dari tiga daerah kawasan ekonomi khusus pariwisata di Indonesia.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Egy Djanuiswati, di Serang, Rabu, mengatakan, dipilihnya objek wisata Tanjung Lesung sebagai salah satu daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata karena Tanjung Lesung memenuhi enam syarat untuk menjadi daerah KEK.

Keenam syarat itu, di antaranya lokasi, feasibility study (FS), dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) telah memenuhi syarat.

"Kami berharap Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata segera merealisasikan KEK Pariwisata ini agar pariwisata dan ekonomi masyarakat Pandeglang bisa lebih maju, terutama UNTUK menyerap tenaga kerja," kata Egy usai menghadiri rapat pembahasan Festival Teluk Banten dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Serang.

Dia mengatakan, kawasan ekonomi khusus pariwisata yang diusulkan tersebut meliputi Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. Nantinya, kawasan wisata Tanjung Lesung dijadikan 'master design' pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia.

Menurut Egy, kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, di samping objek wisata lainnya seperti Pantai Carita.

Kawasan ini bahkan memiliki 'culture heritage' karena lokasinya dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

"Kawasan itu akan dibangun di area seluas 1.500 hektare, di dalamnya akan dibangun berbagai sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan, termasuk hotel dengan berbagai kelas, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata dan sarana pendukung lainnya," kata Egy.

Ia mengatakan, daerah lainnya yang akan ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata, yakni Provinsi Bangka Belitung dan Nusa Tenggara Barat.

Egy mengatakan, dalam waktu dekat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kota Serang akan menggelar Festival Teluk Banten di Kawasan Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

"Karangantu berpotensi menjadi daerah unggulan Pariwisata Banten karena di kawasan tersebut ada masyarakat nelayan, pelabuhan, dan dekat Pulau Burung. Setiap bulan Juli, burung-burung dari belahan dunia mampir ke pulau tersebut," kata Egy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kota Serang, Kosasih, menambahkan, Festival Teluk Banten merupakan agenda tahunan masyarakat dan tahun ini yang ke lima kali.

"Ada empat kegiatan yang akan dilaksanakan dalam festival tersebut, yakni lomba dayung sampan, lomba mancing, perahu hias, dan memasak menu Ikan," kata Kosasih.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011