Tangerang (ANTARABanten) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, membutuhkan sebanyak 11 unit armada kebakaran baru.

"Saat ini, baru satu unit dengan ditambah tiga armada yang akan dilakukan pengadaan tahun ini, dari kebutuhan idealnya sebanyak 12 unit armada," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemadaman Damkar Kota Tangerang Selatan, Subiantoro di Tangerang Senin.

Dikatakan Subiantoro, untuk menutupi kekurangan tersebut, pihaknya masih melakukan kerjasama dengan Damkar Jakarta Selatan serta Kota Tangerang.

Selain itu, sejumlah pengembang perumahan di Tangerang Selatan pun memiliki armada kebakaran seperti di BSD Serpong memiliki satu unit armada, Bintaro satu unit dan Puspiptek satu unit armada.

"Kita masih sering dibantu oleh Jakarta Selatan dan Kota Tangerang. Tetapi, pengembang perumahan juga menyediakan armada kebakaran. Jadinya terbantu," katanya.

Ditambahkannya, untuk armada kebakaran yang dibutuhkan yakni dengan kapasitas menampung air sebanyak tiga ribu liter.

"Selain armada Damkar, kita juga masih membutuhkan mobil rescue untuk penyelamatan dan penanganan korban bencana," katanya.

Sementara itu, untuk kurun waktu selama dua bulan sejak Januari hingga Februari, telah terjadi sebanyak enam kali peristiwa kebakaran.

"Kebakaran yang terjadi sebagian besar di pemukiman penduduk yang disebabkan karena arus pendek listrik," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011