Pandeglang (ANTARABanten) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mendorong masyarakat setempat untuk gemar memakan ikan.


"Kita terus melakukan sosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat, dan dalam waktu dekat kegiatan itu akan dilaksanakan ke sekolah-sekolah," kata Kepala Bidang Bina Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pandeglang Yayat S di Pandeglang, Selasa.

Menurut dia, ikan sangat besar manfaatnya bagi kesehatan, dan pertmbuhan anak-anak dan meningkatkan kecerdasan kerena mengandung omega tiga.

Sedangkan untuk kalangan dewasa dan orang tua, kata dia, dengan banyak mengkonsumsi ikan dapat mencegah dari terjangkit penyakit jantung.

Oleh karena itu, kata dia, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization-WHO) menyarangkan agar konsumsi ikan minimal 60 kilogram per orang per tahun.

"Karena pentingnya ikan, maka WHO pun menyarankan agar seluruh masyarakat Indonesia di dunia mengkonsumsi ikan minimal 60 kg/orang/tahun," kata Yayat.

Terkait kebutuhan ikan bagi masyarakat Pandeglang, menurut dia, tidak akan kekurangan karena produksi perikanan tangkap di daerah mencukupi.

"Produksi ikan tangkap kita sebanyak 2.661 ton per tahun, sedangkan air tawar 60 ton per tahun, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011