Mantan Kapolda Banten Komjen Listyo Sigit Prabowo yang kini menjabat sebagai Kabareskrim Polri menjadi calon tunggal yang diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri untuk menggantikan Jendral Polisi Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiun Februari mendatang.

Keputusan Presiden Joko Widodo yang menunjuk mantan Kapolda Banten sebagai calon tunggal kapolri yang diajukan ke DPR RI itu pun  mendapat dukungan penuh dari sejumlah tokoh masyarakat Banten, termasuk dari aktivis 98 Banten yang juga tergabung dalam Jawara 98. Hal itu diungkapkan Ali Soero selaku Ketua Jawara 98 di Kota Serang, pada Sabtu (16/1/2021).

Ali Soero berharap fit & proper test yang akan dijalani Komjen Listyo sebagai calon tunggal Kapolri pun berjalan lancar dan dapat disetujui anggota DPR RI.

“Presiden dalam hal ini sudah sangat tepat dengan memilih pak Sigit, sebagai pengganti pak Idham Aziz. Karena memang track record pak Sigit terkenal baik dan tidak ada cacat ketika beliau bertugas sepanjang karirnya di kepolisian,” kata Ali Soero. 

Ali Soero yang menjabat sebagai Komisaris anak perusahaan KS, PT. Krakatau National Resource, juga mengaku mengenal Sigit cukup dekat. Sigit dinilai sebagai sosok pribadi yang kalem dan tegas. Ia juga dikenal melakukan tugas dengan sangat baik, dan tak pandang bulu dalam menegakan hukum di Indonesia. Terlebih saat menjabat Kapolda Banten, Sigit dikenal sebagai sosok yg mengayomi dan dekat dengan semua kalangan. Dari ulama-ulama, tokoh masyarakat, aktivis mahasiswa & pemuda, ormas dan wong cilik.

“Jadi saat beliau menjadi Kapolda Banten, suasana Banten sangat kondusif. Juga saat beliau menjadi Kabareskrim, sejumlah kasus besar bisa terungkap. Menangkap pelaku penyerangan novel Baswedan, penangkapan buronan terpidana kasus hak tagih/Cassie Bank Bali, Djoko Tjandra, mengungkap kasus sabu terbesar di Banten & Jawa Barat, dan kasus-kasus lainnya,” beber Ali Soero.

Ali menambahkan, kepedulian Sigit terhadap ulama dan santri sangat tinggi, bahkan tak jarang dirinya ikut turun langsung menyambangi pondok pesantren pengajian. Sigi juga menurutnya memiliki jiwa sosial yang tinggi

“ Kami yakin Pak Sigit orang yang tepat. dibawah kepemimpinan pak Listyo Sigit Prabowo saya yakin polri yang promoter (profesional,modern dan terpercaya) dapat diwujudkan," tutup Ali.



 

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021