Pandeglang (ANTARABanten) - Harga bawang merah dan putih di pasar tradisional di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mengalami kenaikan dibandingkan awal pekan lalu.

Pantauan di Pasar Badak Pandeglang, Senin, menunjukkan bawang merah dijual Rp20 ribu/kg, atau naik dari awal pekan lalu yang hanya Rp14 ribu/kg.

Demikian juga dengan bawang putih, yangn pada awal pekan lalu dijual Rp15 ribu/kg, sekarang naik menjadi Rp20 ribu/kg.

"Harga bawang merah dan putih naik, karena pasokan ke pasaran berkurang," kata Mukti Ali, pedagang bumu dapur di Pasar Badak Pandeglang.

Menurut Mukti, kondisi cuaca yang saat ini terus turun hujan mempengaruhi kenaikan bawang merah dan putih tersebut.

"Saya kira ada kaitannya dengan kondisi cuaca sekarang, yang terus turun hujan," ucapnya, menduga.

Sedangkan untuk harga tomat besar, kata dia, terjadi penurunan, dari sebelumnya Rp8.000/kg menjadi Rp5.000/kg, tomat kecil dari Rp7.000/kg menjadi Rp4.500/kg.

Rasyidi, pedagang bumbu lainnya juga membenarkan kenaikan harga bawang merah dan putih tersebut, dan memperkirakan akan kembali normal akhir pekan ini.

"Bawang merah dan putih memang naik, tapi perkiraan saya paling hanya dua-tiga hari saja. Akhir pekan ini akan kembali turun," katanya.

Rasyidi memperkirakan, harga bawang merah pada akhir pekan ini akan kembali turun pada kisaran Rp14 ribu-Rp15 ribu/kg dan bawang putih berkisar Rp15 ribu-Rp15.500/kg.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2011