Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Koordinator Wilayah Banten menggelar webinar dalam rangka membahas peluang dan tantangan di era new normal pasca Pandemi COVID-19

Ketua Aspikom Pusat, Dr Muhammad Sulhan menjelaskan, tiga lanskap bidang pendidikan yang harus direspon oleh ilmu komunikasi, problem yang sekaligus peluang bagi ilmu komunikasi.

"Lanskap pertama ada industri kreatif, kedua adalah demokrasi, dan ketiga adalah kebebasan," ujar Ketua Departemen Ikom UGM, di Serang, Senin.

Menurut Dr Muhammad, ketiga lanskap ini dengan sangat luar biasa membuat ciri khas ilmu komunikasi naik kepermukaan dan tidak bisa disanggah oleh ilmu-ilmu lain.

Ia mengatakan, karena hal itulah ilmu komunikasi yang paling betul dan paling sering membicarakan tentang apa yang disebut media baru atau new media.

"Kita hadir pada saat yang betul-betul tepat, pada saat pandemi yang memaksa distrupsi itu bergerak dengan cepat," katanya.

Kemudia ia menyebut, bahwa tiga landskap itu membuat media baru layak dan harus diperhatikan oleh Ilmu komunikasi

"Ilmu komunikasi akan masuk dalam ranah tertinggi yang akan dimanfaatkan oleh seluruh sendi kehidupan," katanya

Selain itu, kata dia, kreativitas ditandai dengan dorongan ekonomi yang dimana ketika orang diam di rumah maka hal itu otomatis akan berada di medianya, dan otomatis kanal-kanal media yang bermain.

"Jadi di pandemi petumbuhan, e-commerce stabil dan positif, ini adalah dunia baru yang sama sekali tidak terbayangkan secepat ini hadir di kita," ujarnya.





 

Pewarta: Fatur Rohman

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020