Pandeglang (ANTARABanten) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang membutuhkan ruang rawat inap guna lebih mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat setempat.

"Kita belum memiliki ruang rawat inap, sementara banyak warga yang memerlukan perawatan intensif dan harus menginap," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Sobang Ajat di Pandeglang, Rabu.

Menurut dia, pasien yang butuh perawatan insentif, selama ini diinapkan pada ruangan yang kurang layak.

"Kita memang memiliki satu ruangan yang digunakan bagi rawat inap, tapi kondisinya tidak memadai dan tak layak untuk perawatan," katanya.

Ia juga mengaku, banyak mendapat usulan dari masyarakat setempat agar segera disediakan ruang rawat inap, dan telah disampaikan baik pada DPRD maupun pemerintah Kabupaten Pandeglang.

"Keinginan memiliki ruang rawat inap bukan dari kami, tapi aspirasi masyarakat, dan kita telah menyampaikannya pada DPRD dan pemerintah kabupaten, tapi belum ada realisasi," ujarnya.

Ajat berharap, pembangunan ruang rawat inap segera direalisasikan, dan untuk lahanya telah disediakan.

Mengenai petugas kesehatan, menurut dia, sudah cukup. Di Puskesmas Sobang telah ada tenaga dokter, perawat, bidan dan staf pendukung lainnya.

Dia juga menjelaskan, Puskesmas Sobang menjadi rujukan pengobtan dari dua Puskesmas Pembantu (Pustu) dan dua Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes).

Syafrudin, tokoh masyarakat Sobang secara terpisah juga mengharapkan pemerintah daerah segera membangun ruang rawat inap di Puskesmas setempat.

"Supaya pelayanan kesehatan pada masyarakat lebih optimal, saya mengharapan pemerintah daerah menyediakan ruang rawat inap di Puskesmas Sobang," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010