Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju dengan berbagai transformasi dan terobosan baru.

"Saya berharap pada momentum ini dimanfaatkan untuk melakukan transformasi besar-besaran untuk mengembangkan cara-cara baru dan melakukan terobosan baru dalam menghasilkan SDM dan pengetahuan yang unggul dalam rangka mewujudkan Indonesia maju," kata Presiden Joko Widodo saat orasi ilmiah secara virtual pada kegiatan Dies Natalis Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten ke-58 di Serang, Kamis (26/11/2020).

Presiden menyampaikan bahwa kualitas sumber daya manusia adalah kunci utama dalam meraih Indonesia Maju

"Yaitu SDM yang berakhlak mulia,  yang peduli terhadap sesama, yang menyerukan toleransi dan perdamaian dengan semangat ke- Indonesiaan yang kuat berdasarkan nilai-nilai Pancasila," katanya

Presiden Jokowi berpandang bahwa sumber daya manusia yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan tinggi harus menjadi solusi terhadap kesulitan bangsa serta kesulitan dunia.

"Lembaga pendidikan tinggi harus menjadi  solusi terhadap kesulitan bangsa hingga kesulitan dunia, bahkan harus menjadi problem solving dan impact maker yang memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan bangsa dan kemanusiaan," katanya

Presiden juga menilai banyak permasalahan dunia yang harus dipecahkan saat ini serta berkembangnya bibit intoleransi harus segera dihentikan. 

"Maraknya narasi hujatan, narasi kebencian, tidak bisa dibiarkan, pemikiran yang menganggap benar sendiri juga jangan dibiarkan berkembang. Pada saat bersamaan kita harus menebarkan bibit toleransi, kita menemabarkan kesejukan, persaudaraan dan perdamaian," ujarnya.




 

Pewarta: Fatur Rohman

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020