Jakarta, 9/11 (ANTARA News) - Recapital Amanah Foundation (RAF) bersama Binus Business School akan membantu Gerakan Pemuda Ansor mengembangkan dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance-GCG).

"Recapital yakin bahwa pengenalan, pemahaman serta penerapan arti dan manfaat GCG sejak dini secara benar dan konsisten merupakan salah satu penggerak yang membesarkan sebuah organisasi seperti GP Ansor," kata Direktur Eksekutif RAF, Ridwan Zachrie di Jakarta, Selasa.

Kesepakatan kerjasama untuk melaksanakan pelatihan GCG ini ditandatangani Senin (8/11) oleh Yoyo Arifardhani selaku Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Kalimantan Selatan, dan Firdaus Alamsjah sebagai Executive Dean Binus Business School.

Melalui kerjasama ini, RAF akan memberikan materi pembelajaran mengenai pemahaman tata kelola perusahaan yang baik, melalui serangkaian kegiatan pelatihan atau lokakarya (workshop) di kalangan anggota GP Ansor.

Kegiatan GP Ansor yang berfokus pada sektor pendidikan, lingkungan dan sosial serta pembangunan kapasitas para anggotanya, merupakan berkomitmen organisasi itu untuk membangun individual yang bercirikan religiositas serta bertanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungannya.

"Sumberdaya manusia adalah unsur paling penting dalam penguatan pembangunan masyarakat. Kami percaya melalui kerjasama ini, kami dapat membantu para anggota kami untuk meningkatkan pemahaman akan prinsip-prinsip GCG, yang sejalan dengan pedoman GP Ansor, yang diawarnai oleh semangat perjuangan, nasionalisme, pembebasan, dan epos kepahlawanan," ujar Yoyo. selaku Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor.

Pelatihan pengenalan dan pemantapan nilai-nilai tata kelola (GCG awareness) kali ini ini akan ditujukan untuk segenap anggota GP Ansor di daerah Kalimantan Selatan.

Sejak didirikannya pada 2000, RAF sudah bekerjasama dengan lebih dari empat lembaga seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), serta Binus Busines School untuk mensosialisasikan pedoman dan prinsip luhur GCG melalui sejumlah pelatihan dan pertemuan yang diadakan secara reguler.

"Semakin banyak dan beragamnya organisasi atau institusi yang digandeng dalam kegiatan pensosialisasian GCG, tidak hanya akan memperkaya hasil riset di GCG Center ini, tapi juga dapat membentuk karakter tiap individu dalam meningkatkan kontribusi mereka untuk bertanggung jawab serta menerapkan nilai-nilai tata kelola di dalam masyarakat," kata ujar Firdaus.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010