Cilegon, (ANTARABanten) - Pada puncak arus mudik tiga hari sebelum lebaran, jalur protokol Kota Cilegon, mulai dari Pondok Cilegon Indah ditutup bagi kendaraan yang hendak menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

"Rencana operasi kami H-3 dan H-2, jalur Kota Cilegon akan ditutup, dan pemudik nanti kami arahkan menuju Bojonegara," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten, Harry Parwanto, Kamis.

Dia menjelaskan, penutupan itu dimaksudkan agar tidak terjadi kemacetan di jalur utama. "Pemudik akan kita berikan petunjuk, agar tidak tersesat," ujar dia.

Ratusan petugas yang terdiri dari Dishub Kota Cilegon dengan Provinsi Banten bersama-sama dengan kepolisian akan membantu dan mengarahkan para pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera.

"Mulai dari Tol Cilegon Timur kita arahkan, tapi sebagian kendaraan juga kami arahkan supaya keluar Cilegon Barat, sehingga antrian kendaraan di jalur tol dapat dihindari," jelas dia.

Diketahui, pada puncak arus mudik, puluhan ribu kendaraan baik roda dua dan empat melewati jalur Kota Cilegon, mereka datang dari berbagai daerah, bukan hanya Jakarta, Jawa Barat, namun juga Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010