Lebak, (ANTARABanten) - Sebanyak 563 calon haji Kabupaten Lebak, Provinsi Banten telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) dan batas pelunasan hingga 31 Agustus 2010.

"Saat ini calon haji yang belum melunasi BPIH tercatat 15 orang," kata Ruhyat, petugas Penyelenggaraan Haji Kementrian Agama Kabupaten Lebak, kamis.

Ruhyat mengatakan, diperkirakan pelunasan BPIH tersebut mencapai 100 persen karena saat ini masih ada waktu untuk pelunasan sampai 31 Agustus.

Karena itu, pihaknya meminta para calon haji yang belum melunasi BPIH segera dilunasi melalui bank yang ditunjuk Kementrian Agama Kabupaten Lebak.

Pelunasan BPIH selambat-lambatnya sampai 31 Agustus dan jika mereka tidak melunasi sampai batas yang ditentukan dipastikan keberangkatan musim haji 2011.

Menurut dia, apabila calon haji tersebut mereka tidak melunasi BPIH kemungkinan akan digantikan oleh calon haji daftar tunggu.

Saat ini, jumlah kuota haji asal Kabupaten Lebak sebanyak 578 orang dan sebanyak 15 calon haji belum melunasi BPIH hingga minggu kedua Agustus.

"Kami berharap calon haji sebanyak 15 jemaah itu segera melunasi BPIH," katanya.

Dia menyebutkan, calon jemaah haji Kabupaten Lebak yang mengundurkan diri hingga saat ini sebanyak tiga orang dan dua di antaranya meninggal dunia dan satu orang sakit.

Ruhyat menambahkan, untuk musim haji 2010/1431 Hijriyah, calon haji Kabupaten Lebak menggunakan seragam dengan warna seperti tahun lalu yakni hijau telur asin.

Sementara itu, Rohmawati (55) seorang calon haji Kabupaten Lebak mengaku dirinya telah melunasi BPIH melalui bank sekitar Rp31 juta lebih.

"Kami berharap pelaksanaan ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi diberikan keselamatan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga di Tanah Air," katanya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2010