Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang berhasil menghemat anggaran sebesar Rp350 juta dari proses pembibitan secara mandiri.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Ubaidillah Ansar di Tangerang, Rabu mengatakan, saat ini sudah 35 ribu bibit yang telah berhasil dibuat di TMP Taruna.

"Pembibitan yang dilakukan di TMP Taruna ini tidak menggunakan anggaran. Ini ada 35.000 polybag, kalau setiap polybag dihargai Rp10 ribu saja, kami sudah hemat Rp350 juta," katanya, Rabu (12/8/2020).

Kata Ubaidillah, pupuk yang digunakan untuk pembibitan tanaman hias ini juga dibuat sendiri oleh personel Bidang Pertamanan Disbudpar Kota Tangerang. "Pupuknya dari daun-daun kering, air cucian beras dan buah-buahan busuk," ungkapnya.

Ia menambahkan, bibit-bibit tanaman hias tersebut nantinya diperuntukan untuk menghias jalan-jalan serta taman-taman yang di kelola Disbudpar. "Dulu kami beli bibitnya, kalau sekarang kami kelola dan buat sendiri," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pembibitan yang dilakukan secara swadaya oleh para pegawai di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang ini sebagai salah satu cara agar tanaman di taman-taman Kota Tangerang masih dapat terus terpenuhi.

"Ditengah pandemi yang sedang terjadi, tidak hanya sektor swasta dan masyarakat yang terkena imbasnya. Pemerintahan juga ikut terkena imbasnya" ucap Wali Kota.

"Untuk itu kita berdayakan seluruh kemampuan dan pegawai untuk melakukan pembibitan. Sampah-sampah daun akan kita timbun, setelah menjadi pupuk bisa kita gunakan untuk melakukan pembibitan," terang Wali Kota Arief.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020