Kodim 1206 Putussibau di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mendukung upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) Huma.

Saat memimpin apel Satgas Huma di halaman Markas Komando Distrik Militer (Kodim) Putussibau, Rabu, Komandan Distrik Militer 1206 Putussibau Letkol Inf Basyaruddin menjelaskan satuan tugas tersebut dibentuk karena wilayah Kalimantan Barat sering menghadapi bencana kabut asap akibat karhutla.

"Satgas Huma yang kita bentuk memiliki kemampuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini serta mengantisipasinya," katanya.

"Keberadaan Satgas Huma diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi bencana alam, khususnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah," ia menambahkan.

Ia menjelaskan, selama masa pandemi COVID-19 dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mendukung pencegahan dan penanggulangan karhutla personel Satgas Huma menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyakit tersebut.

Apel Satgas Huma pada Rabu, yang mencakup pengecekan sarana dan prasarana pendukung penanggulangan karhutla, dihadiri oleh Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir dan pejabat pemerintah kabupaten.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020