Chandra Asri Bangun Pusat Kegiatan Masyarakat Cilegon
Salah satu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR) PT Chandra Asri Petrochemical Tbk memberikan penghargaan kepada para veteran pejuang di Kota Cilegon. Nampak secara simbolis Suryandi Senior Vice President Corporate Secretary & Investor Relations CAP (paling kiri) menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada lima orang perwakilan veteran pejuang. (Foto: Asep/ ANTARA)

Cilegon (ANTARA) - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (CAP), produsen petrokimia terintegrasi dan terbesar di Indonesia berkerja sama dengan Pemerintah Kota Cilegon membangun pusat kegiatan masyarakat di Kota Cilegon, Provinsi Banten.

"Pusat kegiatan masyarakat (community centre) nantinya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan, pagelaran seni dan budaya, serta kegiatan kreatif lainnya," kata Suryandi Senior Vice President Corporate Secretary & Investor Relations PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Cilegon, Banten, Kamis.

Rencana pembangunan pusat kegiatan masyarakat ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Suryandi dengan  Hj. Abadiah, M.Si, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kota Cilegon disaksikan Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi.

Pusat kegiatan masyarakat yang dibangun di atas lahan milik Pemkot Cilegon ini juga akan dilengkapi dengan taman bacaan gratis yang diharapkan dapat memacu peningkatan minat baca sejak usia dini.

Suryandi mengatakan, konstruksi dan bangunan nantinya dibiayai dari Chandra Asri didukung Yayasan Bakti Barito, sedangkan lahan disiapkan pemerintah kota.

Pusat kegiatan masyarakat ini merupakan komitmen PT Chandra Asri Petrochemical Tbk serta Barito Pacific Group dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia khususnya masyarakat Cilegon, ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, Chandra Asri bersama Yayasan Bakti Barito juga memberikan penghargaan bagi anggota legiun veteran yang berdomisili di Kota Cilegon, pendistribusian buku paket belajar bagi siswa sekolah dasar di Cilegon, serta pembagian kacamata bagi siswa sekolah dasar.

Terkait pemberian penghargaan bagi legiun veteran, Suryandi mengatakan, merupakan hal rutin yang diberikan setiap tahun sebagai wujud apresiasi atas jasa dan pengorbanan yang telah diberikan pejuang dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengatakan, kehadiran PT Chandra Asri Petrokimia Tbk di Kota Cilegon telah memberikan nilai tambah yang tinggi bagi perekonomian daerah.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada perusahaan karena program CSR mereka sejalan dengan program Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) yakni menyediakan paket gratis pendidikan di Cilegon mulai dari jenjang sekolah dasar sampai dengan sekolah lanjutan atas.

Iman mengatakan, pemkot Cilegon akan menyediakan lahan seluas 500 meter persegi untuk pembangunan pusat kegiatan masyarakat, yang disain bangunannya akan dibuat bersama-sama.

Suryandi mengatakan, program CSR Chandra Asri akan ditingkatkan dari semula sekitar Rp5 miliar pada tahun 2011 dan 2012, maka pada tahun 2013 akan dialokasikan sekitar Rp6 miliar.

Radius manfaat CSR secara bertahap juga akan ditambah, seperti pada program CSR ke depan akan menyiapkan tenaga pelatih (master trainer) yang dilatih di Institut Yohanes Surya, untuk memberikan latihan kepada tenaga pengajar di luar Kota Cilegon.

Lebih jauh Senior Manager Community Development CAP, Abraham Sinatrawan mengatakan, pembangunan pusat kegiatan masyarakat di Cilegon akan dimulai paling lambat pada kuartal I tahun 2013, serta diharapkan selesai pada awal 2014.

"Untuk memulai pembangunan harus dipersiapkan dulu disain, kemudian proses tender sehingga paling cepat pembangunan baru dapat dimulai pada kuartal I tahun 2013," kata Abraham.

Abraham mengatakan, program CSR Chandra Asri difokuskan pada kegiatan peningkatan pendidikan, kegiatan fisik lingkungan, kesehatan masyarakat seperti perbaikan gizi balita, serta pemberdayaan ekonomi.

"Bahkan melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi kami berhasil membangun koperasi untuk kesejahteraan masyarakat, nanti kalau dianggap sudah mampu berjalan akan kita lepas," ujar dia. ***2***