Merak (ANTARABanten) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry  Cabang Utama Merak memprediksi selama arus mudik Idul Fitri 1432 H, jumlah kendaraan roda dua yang masuk dan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni sebanyak 50 ribu.


"Kami memprediksi peningkatan kendaraan roda dua selama H-7 sampai H - 1 sebesar 13 persen  menjaid 50 ribu, dari jumlah 44.016 pemudik lebaran tahun lalu yang membawa motor," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama merak, La Mane, Selasa.

Dia menjelaskan, peningkatan pemudik yang membawa roda dua ini paling banyak diantara pemudik pejalan kaki dan membawa roda empat atau mobil, dilihat dari penjualan kendaraan roda dua yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya.

"Perhitungan dari pada prediksi kami juga, karena dilihat dari pertumbunhan ekonomi secara nasional mengalami peningkatan sebesar enam persen," katanya menjelaskan.

Namun demikian pihaknya mengaku pada arus mudik lebaran nanti, jumlah pemudik yang membawa roda dua lebih dari 13 persen. "Kalau saya sih meyakini bisa saja lebih atau kurang. Namanya juga prediksi," katanya menambahkan.

Terpisah, Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) kelas I Banten, Baptis Soegiharto mengaku pertumbuan ekonomi secara nasional sebesar enam persen, akan mengakibatkan adanya penambahan jumlah pemudik lebaran tahun 2011 dibanding sebelumnya.

"Peningkatan jumlah pemudik itu pasti, karenanya  menghadapi lebaran tahun ini kami sudah melakukan uji petik 38 kapal yang akan masuk lintasan Merak - Bakauheni," katanya menambahkan.

Uji petik terhadap kapal Roll on Roll of (roro) yang ada katanya, untuk melihat kesiapan kapal dari sisi keselamatan penumpang. "Kami sudah lakukan uji petik, dan secara umum kapal yang ada layak laut," katanya menambahkan.