Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Serang memberikan bantuan 98 Alat Perlindungan Diri (APD) kepada Tiga Rumah Sakit (RS) dan 6.000 buah Masker serta 1.460 Multivitamin kepada perusahaan untuk dibagi-bagikan kepada pekerjanya guna mencegah pandemi COVID-19.

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Banten, Eko Nugriyanto yang menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Serang, Senin (18/5/2020) mengatakan pemberian bantuan APD, masker dan Multivitamin itu adalah bagian dari tanggungjawab BPJAMSOSTEK terhadap peserta program BPJS dan mitra kerja guna meminimalisir wabah virus corona di Wilayah Banten.

"Program serupa sudah dilangsungkan pula di beberapa cabang seperti Cabang Cikokol beberapa hari yang lalu, dan terakhir di Cabang Serang ini," kata Eko didampingi Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Serang Didin Haryono.

Menurut Eko, BPJAMSOSTEK setiap tahun selalu menyelenggarakan bantuan promotif dan preventif kepada pekerja peserta program berkaitan dengan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang dialokasikan dananya dari anggaran operasional BPJAMSOSTEK.

"Sebenarnya selama ini program promotif dan preventif digunakan untuk kegiatan seminar dan pelatihan bagi pekerja yang menggunakan kendaraan sepeda motor tentang perlunya keselamatan dalam berkendara berikut pemberian helm untuk pelindung kepala atau dikenal dengan nama program Safety Riding," kata Eko.

Namun, tahun ini merebaknya wabah virus corona (COVID-19), maka K3 yang diutamakan pada program promotif dan preventif adalah segi kesehatannya, yaitu melindungi para pekerja jangan sampai tertular virus yang bisa menyebabkan kematian tersebut dengan memberikan bantuan masker dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.

Eko mengakui bahwa bantuan yang diberikan tentu belum sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pekerja, karena keterbatasan dana operasional yang dimiliki, namun BPJAMSOSTEK berusaha semampu mungkin membantu pekerja agar bebas dari COVID-19.

Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Serang Didin Haryono mengakui bahwa jumlah bantuan yang diberikan kepada rumah sakit berupa APD dan masker serta multivitamin kepada perusahaan masih sedikit karena keterbatasan dana.

"Kami mohon maaf, baru sebanyak itu bisa kami bantu, karena dana operasional kami terbatas," kata Didin.

Perusahaan dan dinas yang mendapatkan bantuan adalah yang memenuhi syarat seperti tertib administratif, yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, Parkland World Indonesia, Nikomas Gemilang, Delta Force Indonesia, Eagle Nice Indonesia, Angels Product, Budi Texindo, Budi Texindo, Nippon Indosari Corpindo, Charoen Pokhphan, Yamatogawa, Krakatau Steel, Sumber Alfaria Trijaya Tbk, dan Lung Cheong Brothers Industrial.

Sementara rumah sakit (RS) sebagai mitra kerja BPJAMSOSTEK yang mendapatkan 98 unit APD, masing-masing 32 APD adalah RS Krakatau Steel, RS Sari Asih dan RS Hermina. 
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020