Kementerian Sosial menyalurkan 4.000 sembako dalam rangka penanganan dampak COVID-19 kepada masyarakat di Kelurahan Jombang, Tangerang Selatan, Banten.

Grace P. Batubara yang merupakan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Indonesia Maju dalam keterangannya, Kamis mengatakan, paket sembako yang diberikan berupa 2.000 paket sembako dan 2.000 nasi kotak.

Adapun pemilihan lokasi di Kelurahan Jombang, Kecamatan  Ciputat, dikarenakan wilayah tersebut merupakan peringkat kedua zona merah dalam penyebaran COVID-19.

"Kehadiran kami di tengah masyarakat adalah sebagai bentuk upaya menguatkan dan memastikan bahwa negara hadir," ujar  istri Menteri Sosial (Mensos) Juliarri P Batubara ini.

Grace menambahkan, dirinya telah terjun selama dua pekan ini ke beberapa wilayah di DKI Jakarta dalam menyalurkan bantuan makanan siap saji kepada masyarakat.

Grace menuturkan apabila 'Bansos Sembako' dikelola oleh PSKBA dengan mengaktifkan dapur umum yang menempati Posko Bantuan Sosial di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata Jakarta.

Dapur umum yang didukung 150 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) ini, menghasilkan 6.000 porsi makanan siap saji dan mendistribusikan 6.000 paket sembako.

"Posko yang mulai beroperasi 7 April lalu itu akan menyalurkan 300.000 paket Bansos Sembako kepada masyarakat," kata Grace.

Sesuai Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tanggal 10 Maret 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19), Kementerian Sosial RI berperan sebagai anggota pelaksana unsur Kemenko PMK dalam gugus tugas yang telah ditetapkan tersebut.

Maka dari itu, bantuan khusus berupa paket sembako untuk warga DKI Jakarta dan daerah penyangganya, merupakan salah satu implementasi dari ketentuan di atas, sebagai bagian dari dukungan Kemensos pada rencana operasional percepatan penanganan COVID-19 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Nenek Amah, salah satu warga yang menerima bantuan, mengaku beterima kasih sebab sangat membantu di saat kondisi seperti ini. "Terima kasih banget, paket sembako ini sangat membantu," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020