Tim Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi Banten melakukan penyemprotan disinfektan di Terminal Bus di Banten, salah satunya di Terminal Pakupatan Kota Serang untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi Banten Tri Nurtopo di Serang, Senin, mengatakan  penyemprotan disinfektan di semua terminal di Banten merupakan tindakan pencegahan untuk menekan penyebaran wabah.

"Seperti dilakukan saat ini di Terminal Pakupatan, Kota Serang. Sedianya besok dilakukan penyemprotan disinfektan di Terminal Bus Mandala, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak dan Terminal Bus Torogong, Labuan Kabupaten Pandeglang," kata Tri.

Tri mengaku tidak ada kendala atau hambatan dalam penyemprotan karena para sopir maupun penumpang dapat diajak bekerjasama dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Tri juga mengimbau kepada masyarakat Banten yang tidak ada keperluan penting dan mendesak, lebih baik tetap tinggal di rumah, tidak kemana-mana.

Namun, apabila terpaksa harus pergi dan menggunakan angkutan umum maka disarankan tidak berdesak-desakan dan tetap menjaga jarak.

"Cari angkutan umum yang ada jarak duduk antar penumpangnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang, Maman Lutfi mengatakan, penyemprotan Terminal Tipe A Pakupatan Kota Serang sudah dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat dan arahan Gubernur/Wali Kota untuk sterilisasi wilayah-wilayah pintu masuk terminal.

"Perlu kita ketahui bahwa Kota Serang ini adalah sebagai pintu masuk penyebaran virus Corona, melalui pintu-pintu terminal, stasiun dan pelabuhan," kata Lutfi .

Lutfi menjelaskan, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan pada bus yang hendak berangkat, meliputi bagian bagian atas, tempat duduk, tempat pegangan penumpang hingga bagasi dan seluruh bagian dalam bus.

"Dilakukan disinfektan, melalui penyemprotan dan pemeriksaan temperatur terhadap suhu penumpang Bus," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum seperti halte, pasar dan tempat parkir yang ada di Kota Serang.

"Besok kita akan melakukan penyemprotan kendaraan kendaraan yang masuk di Pasar Rau. Di ruang terbuka yang notabene digunakan masyarakat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, dalam penyemprotan tersebut, Dishub Kota Serang bekerja sama dengan instansi lain. Seperti Palang Merah Indonesia (PMI), TNI/Polri dan Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT).

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menginstruksikan agar Tim Gugus Tugas COVID-19 Pemprov Banten melakukan penyemprotan disinfektan fasilitas umum, area publik, dan sebagian rumah warga yang dimulai sejak hari Sabtu (21/3/2020). Diawali di wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang.

Tim Gugus Tugas COVID-19 Pemprov Banten dibagi beberapa tim terdiri dari beberapa OPD diantaranya BPBD, Diskominfo, Dinkes, Dinas LHK dan OPD lainnya yang dibagi dalam area penyemprotan disinfektan. Penyemprotan akan terus dilanjutkan di wilayah lainnya di Provinsi Banten.
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020