Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten waspada terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) secara aktif di lingkungan kampus sebagai upaya pencegahan.

"Salah satunya dengan menghindari pertemuan dengan jumlah peserta yang besar, diikuti lebih dari 500 orang, selama sisa semester genap," kata juru bicara UPH, Rosse Hutapea di Tangerang, Jumat.

Rosse mengatakan kebijakan itu tertuang dalam surat himbauan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yang disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika UPH.

Sedangkan kebijakan tersebut diterapkan baik untuk kegiatan bersifatakademik maupun non akademik.

Dia mengatakan tindakan preventif mengacu himbauan Kementrian Kesehatan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu dengan mensosialisasikan ‘WISE’ melalui media sosial serta himbauan langsung dalam berbagai kesempatan.

Namun mencakup mencuci tangan selama 20-30 detik, jika merasa kurang sehat dan suhu tubuh diatas 37,5 derajat celsius maka tetap tinggal di rumah.

Dia menambahkan apabila mahasiswa atau dosen yang mengalami kesulitan bernapas untuk segera ke rumah sakit meminta bantuan medis.

Untuk mendukung gerakan pencegahan itu maka UPH efektif melakukan pengecekan suhu tubuh mulai sejak awal Maret 2020 di lingkungan kampus.

Bahkan seluruh Gedung UPH memiliki posko pengecekan suhu tubuh
dan "hand sanitizer" di setiap akses masuk dan keluar, serta petugas yang siaga mencek suhu tubuh.

Demikian pula pengecekan tersebut dilakukan setiap harinya selama jam kerja dan jam aktif perkuliahan.

Upaya pencegahan sejalan dengan Surat Keputusan Rektor UPH terkait Kebijakan Kehadiran Perkuliahan untuk Kesiapsiagaan Penyebaran Covid-19 di lingkungan UPH.

Pihaknya menghimbau bagi seluruh civitas akademika yang telah melakukan perjalanan dalam 14 hari terakhir ke negara-negara tempat virus telah menjadi endemic, untuk dapat tetap tinggal di rumah selama 14 hari.

UPH terus menggalang partisipasi seluruh civitas akademika untuk bersama-sama bertanggung jawab menjaga kesehatan tubuh, serta membersihkan tangan baik dengan sabun dan air atau hand sanitizer.

Dia mengatakan UPH terus menghimbau untuk tetap bijaksana dan tenang dalam menerima segala informasi yang ada, serta tetap waspada.

Hingga saat ini tidak ada kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di komunitas UPH.

Pewarta: Adityawarman(TGR)

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020