Wali Kota Serang Syafrudin meninjau Madrasah Diniyyah Takmiliyah (MDT) Tarbiyatul Athfal di Kampung Manggerong, RT/RW 4/4, Kelurahan Sawah Luhur, yang hingga saat ini belum memiliki tempat belajar dan menumpang di teras rumah warga.

"Saya hari ini meninjau langsung madrasah diniyah yang memang belum punya tempat. Artinya kegiatan belajarnya di halaman rumah, kemudian tidak punya kursi belajar," kata Syafrudin saat meninjau madrasah tersebut di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Serang, Selasa.

Ia mengtakan, semula sekolah itu memiliki tempat belajar, tapi dengan adanya pelebaran masjid, maka lokasi tempat belajar itu dipergunakan untuk masjid.

Syafrudin menyarankan kepada pengurus madrasah tersebut untuk segera mengajukan hibah ke pemerintah dan untuk memudahkan proses pencairan dana hibah, ia menyarankan kepada pemilik MDT untuk segera membuat proposal pengajuan di Tahun 2020 ini, sehingga di tahun 2021 bisa terealisasi penganggarannya.

"Besaranya nanti kami bicarakan. Yang penting proposal harus segera masuk," kata dia

Untuk sementara, lanjut Syafrudin, dirinya akan memfasilitasi kebutuhan belajar mengajarnya, seperti meja, papan tulis dan lainya, sehingga anak-anak bisa nyaman saat belajar.

"Kemudian saat ini kami memberikan bantuan pribadi untuk membeli meja, dan papan tulis sebesar Rp5 juta," kata Syafrudin.

Ia mengaku prihatin dan sedih melihat anak-anak belajar di lantai dan fasilitas seadanya, sebab idealnya belajar itu harus memiliki ruang kelas.

"Bagaimanapun belajar itu harus ideal dan nyaman, kecuali belajar ngaji bisa di dalam masjid, bisa juga di halaman rumah, tapi kalau sifatnya belajar madrasah diniyah maupun ibtidaiyah harus difasilitasi yang lengkap," kata dia.

Menurutnya, nanti setelah Perda Diniyah diundangkan, maka pendidikan madrasah diniyah di Kota Serang akan menjadi prioritas, sebab pendidikan diniyah penting bagi masyarakat.

"Insyaallah pendidikan madrasah diniyah akan menjadi prioritas untuk pendidikan di Kota Serang," kata Syafrudin.

Sementara itu Pemilik MDT Ustad Nasihin mengaku sangat senang dan bersyukur atas kedatangan Wali Kota Serang untuk bisa melihat langsung kondisi madrasahnya.

"Allhamdulilah saya sangat senang dengan kedatangan Pak Wali Kota. Bisa melihat langsung ke sini, dan bertrima kasih atas bantuanya," kata Nasihin.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020