Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret Surakarta (IKA UNS) menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di sejumlah wilayah yang terjadi pada 1 Januari 2020.

Ketua Umum IKA UNS Budi Harto di Jakarta, Sabtu mengatakan, bantuan dalam kegiatan "Alumni UNS Peduli Banjir" itu diberikan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Lebak, Banten dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Bantuan kebutuhan pokok sebanyak 1.800 paket tersebut, menurut dia, berasal dari alumni UNS yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, diberikan pula makanan bayi, obat-obatan, alat memasak seperti kompor dan tabung gas, hingga perlengkapan mandi dan cuci.

Ketua Alumni UNS Peduli Banjir, Heri Sosiawan menambahkan, masyarakat yang menerima bantuan di Kabupaten Bekasi meliputi Kecamatan Sukawangi yang dipusatkan di Desa Sukamekar dan Kecamatan Tambun Utara dipusatkan di Desa Sriamur.

"Kita fokus di dua desa yang terparah," katanya melalui keterangan tertulis.

Sedangkan bantuan untuk di Lebak, diberikan kepada masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Sajira ditambah satu desa di Kecamatan Cimarga.

Kegiatan tersebut juga melibatkan TIM SAR UNS untuk diterjunkan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Wakil Rektor UNS sekaligus Ketua Tim SAR UNS Kuncoro Diharjo, mengatakan rencananya Tim SAR UNS didampingi satu dokter, satu bidan, dan tiga perawat.

"Mereka sudah memiliki pengalaman rescue di luar dan dalam negeri, seperti di Palu dan Lombok," kata dia.

Tim ini akan melakukan pemetaan sekaligus membantu penanganan korban selama 10 hari.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho dalam sambutan pelepasan rombongan bantuan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian alumni dan UNS.

"Kami mengirim tim terbaik. Semoga membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir," katanya.

Pewarta: Subagyo

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020