Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Arif Satria memberikan pencerahan tentang program FGD Tata Kelola Integrated, Smart and Green Campus di Kampus baru Untirta Sindangsari Serang Banten.  

Rektor IPB Arif Satria di Kampus Sindangsari Sabtu menjelaskan, IPB Univerity telah mengimplementasikan Smart Green di lingkungan kampusnya dengan cara sederhana, yakni menyediakan kantong-kantong sampah, berlomba-lomba membuat pantun di setiap unit kerja tentang lingkungan, untuk memotivasi akan kesadaran lingkungan, memanen air hujan, penghijauan, ruang ramah lingkungan dan yang lainnya.
 
"Green smart itu bukan sekadar ranking tapi bagaimana kita mengajarkan ilmu lingkungan, dan apa yang kita sampaikan itu kita kerjakan. Karena semua orang mudah sekali berbicara tentang ilmu lingkungan, namun tidak sesuai dengan apa yang disampaikan, tidak diterapkan, maka harus dimulai dari diri kita sendiri," kata Arif.
 
Menurutnya, untuk program FGD Tata Kelola Integrated, Smart and Green Campus tak perlu mendatangkan ahli dari luar, cukup memanfaatkan para ahli dari kampus sendiri, sehingga mahasiswa yang diajarkan juga yakin pada dosennya dengan keilmuannya.
 
Ia menambahkan, Untirta kampus yang diuntungkan, karena kampusnya kecil sehingga mudah dikelola, dibandingkan dengan universitas yang sudah besar yang permasalahannya juga semakin banyak dan besar. 

"Pembagunan kampus baru di Sindangsari harus sudah direncanakan, dirancang dan dibangun ramah lingkungan, dan penghijauan, budidaya tanaman," katanya.

Sementara itu Rektor Untirta Dr. H. Fatah Sulaiman meminta kepada semua pihak terkait untuk menyelaraskan visi yang menjadi uji komitmen dengan smart green campus yang berintegritas. 

Rektor Untirta juga optimis, tak perlu sampai dua tahun kampus Untirta di Sindangsari dan Pakupatan, memenuhi smart green. 

"Begitu pindah ke kampus baru, langsung register untuk green matic sebagai uji pertama," kata Rektor.

 Beliau juga meminta kepada tim dan semua pihak terkait, untuk mendesain , mendokumentasikan serta mengimplementasikan smart green campus.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019